Kompas TV nasional agama

Sidang Isbat Kepastian Hari Raya Iduladha 1443 H Digelar Hari Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:42 WIB
sidang-isbat-kepastian-hari-raya-iduladha-1443-h-digelar-hari-ini
Ilustrasi saat penetapan sidang isbat Ramadan 1443 H. hari ini, Kemenag pastikan gelar sidang isbat untuk hari raya iduladha 1443 (Sumber: Kemenag)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Zulhijah dan Hari Raya Iduladha 1443H pada Rabu (29/6/2022).

Dalam jadwal yang diterima KOMPAS.TV pagi ini sidang isbat akan digelar di auditorium HM Rasjidi, kantor Kemenag RI No.6, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Untuk rangkaian acaranya, dimulai pada pukul 17.00 WIB akan digelar Seminar Posisi Hilal yang diselenggarakan oleh Kemenag dan dibuat terbuka secara umum lewat Youtube Kemenag.

Lantas, sidang isbat akan dimulai pukul 18.15 WIB dan dilakukan secara tertutup untuk umum.

Untuk pengumuman sendiri dilakukan pada pukul 19.05 WIB lewat konferensi pers yang akan disiarakan secara langsung.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag Adib mengatakan,  sidang isbat hari ini selain menentukan awal zulhijah juga menentukan iduladha 1443 H. 

"(Sidang Isbat hari ini) menentukan jatuhnya awal Zulhijjah otomatis juga penanggalan iduladha," papar Adib saat dikonfirmasi KOMPAS.TV lewat pesan Whatsapp, Rabu (29/6/2022). 

Nantiya, sidang isbat ini akan dilakukan oleh Kementerian Agama bersama ormas-ormas Islam. 

Baca Juga: Kemenag akan Gelar Sidang Isbat 29 Juni 2022 untuk Penentuan Iduladha 1443 H

Tiga Proses Sidang Isbat

Sebelumnya seperti diberitakan, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi,  menjelaskan, Sidang Isbat Awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap.

“Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag,” katanya.

Sesi kedua, lanjut Ismail, sidang isbat yang dimulai setelah Magrib, serta diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.

"Sesi ketiga, pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Zulhijah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Ismail. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x