Kompas TV regional berita daerah

4.000 Sapi Untuk Kebutuhan Kurban Di Sumbar Tertular PMK

Kompas.tv - 28 Juni 2022, 18:22 WIB
Penulis : KompasTV Riau

Lebih Dari 4 Ribu Sapi Yang Dipersiapkan Untuk Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 1443 H Di Sumatera Barat Tertular Penyakit Mulut Dan Kuku (Pmk) Empat Diantaranya Mati Dan 27 Ekor Lainnya Terpaksa Disembelih

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Mendata Lebih Dari 4 Ribu Sapi Yang Disiapkan Untuk Hewan Kurban Tertular Penyakit Mulut Dan Kuku. Dimana Empat Diantaranya Mati Dan 27 Ekor Lainnya Terpaksa Disembelih. Secara Total Ada 4.477 Hewan Ternak Di Daerah Sumatera Barat Yang Terjangkit Wabah Pmk/ Sebanyak 4.174 Kasus Ditemukan Pada Hewan Sapi 281 Pada Kerbau Dan Kambing Sebanyak 22 Kasus. Kabupaten Padang Pariaman Menjadi Wilayah Dengan Temuan Kasus Terbanyak Yakni 771 Kasus Disusul Kabupaten Agam Dengan Jumlah Kasus 750 Serta Kabupaten Tanah Datar Dengan Jumlah Kasus Sebanyak 749.

Menyikapi Hal Ini Selain Memberlakukan Penyertaan Surat Keterangan Kesehatan Hewan Dalam Transaksi Jual Beli Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Akan Mempercepat Proses Vaksinasi Pmk.  Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat Menghimbau Agar Masyarakat Tidak Panik Dalam Menyikapi Kasus Pmk Ini. Karena Pmk Bukan Penyakit Yang Menular Ke Manusia. Pmk Bukan Zoonosis Seperti Flu Burung Bisa Menular Dari Hewan Ke Manusia.



Sumber : KOMPAS TV RIAU

BERITA LAINNYA



Close Ads x