Kompas TV olahraga kompas sport

Juarai Malaysia Open 12 Kali, Lee Chong Wei Tantang Penerus Lampaui Rekornya

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:30 WIB
juarai-malaysia-open-12-kali-lee-chong-wei-tantang-penerus-lampaui-rekornya
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, saat bertanding dalam Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis, 15 Juni 2017. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV – Mantan pebulu tangkis nomor satu Malaysia, Lee Chong Wei, menantang para penerusnya untuk melampaui rekornya menjuarai turnamen Malaysia Open sebanyak 12 kali.

“Ini adalah saat yang tepat. Turnamen di negeri sendiri digelar kembali setelah dua tahun karena Covid-19 dan ini adalah kesempatan bagi para pemain kita untuk memberikan hiburan di Axiata Arena,” ujar Chong Wei seperti dilansir media setempat, The Star, Selasa (28/6/2022).

Malaysia Open digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, mulai hari ini, Selasa, hingga Minggu (3/7).

Chong Wei merupakan pemain tunggal putra tuan rumah terakhir yang berhasil menjuarai Malaysia Open yaitu pada tahun 2018. Itu menjadi gelar Malaysia Open kedua belasnya.

Baca Juga: Hasil Malaysia Open 2022: Apriyani/Fadia dan Rehan/Lisa Kompak ke 16 Besar

Sementara di sektor ganda putra, puasa gelar tuan rumah lebih panjang lagi. Sejak Goh V Shem/Lim Khim Wah menjadi juara Malaysia Open pada 2014, belum ada lagi pasangan tuan rumah yang menjadi kampiun.

Bahkan di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran, pebulu tangkis tuan rumah belum pernah menjuarai Malaysia Open sejak tahun 1980-an.  

“Saya pemain yang menghargai rekor dan tradisi. Ini Malaysia Open kita dan saya ingin para pemain kita menjadi juara. Selalu istimewa bisa menang di negeri sendiri,” tutur peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu.

Ketika ditanya apa rahasianya hingga mampu menjadi juara Malaysia Open sebanyak 12 kali, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu mengatakan, “Para penonton yang bersorak keras dan motivasi diri.”

Pada Malaysia Open 2022, tuan rumah berpeluang meraih gelar juara di sektor tunggal putra lewat pebulu tangkis nomor lima dunia, Lee Zii Jia.

Namun, perjalanan Lee menuju podium juara tidak mudah. Ada nama-nama besar seperti Viktor Axelsen (Denmark), Kento Momota (Jepang), dan Chou Tien Chen (China Taipei) yang siap menjegalnya.

Baca Juga: Hasil Malaysia Open 2022: Gregoria Mariska Bekuk Tunggal Putri Ranking Satu Dunia

Malaysia juga memiliki kans mencuri gelar di nomor ganda putra lewat Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang saat ini berada di peringkat keenam dunia.

Meski unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari Indonesia, telah mundur, perjalanan Chia/Soh menuju gelar juara tetap tidak gampang.

Pasalnya, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia), dan Lee Yang/Wang Chi-lin (China Taipei) juga pasti tidak mau melepaskan peluang jadi juara Malaysia Open begitu saja.

“Kita memiliki pasangan-pasangan ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran yang bagus. Tidak akan mudah memang, tetapi ini panggung yang bagus untuk mencetak hasil,” ungkap Chong Wei.

“Tekanannya pasti selalu ada, tetapi semua tergantung pada bagaimana para pemain kita mengendalikan emosi mereka,” imbuh juara All England tiga kali itu.

 


Sumber : Kompas TV/The Star

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x