Kompas TV regional berita daerah

TNI 0607 Sukabumi Sergap Gudang Transit Solar Ilegal

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:15 WIB

Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Satuan Aparat TNI dari Kodim 06 07, melanjutkan penyelidikannya, setelah berhasil membongkar penyeludupan 2 ton Solar Ilegal, dari sebuah truk wing box yang ditangkap di wilayah Cikembang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari hasil pengembangan, TNI menyergap sebuah Gudang di wilayah Desa Pondokaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dimana Gudang tersebut dijadikan tempat penimbunan Solar bersubsidi yang diambil di sejumlah SPBU.

Dari Lokasi Gudang, TNI mengamankan 4 orang Pria Pekerja Gudang, dan mengamankan 3 ton Solar bersubsidi yang disimpan disejumlah tangki dan drum minyak. Selain itu didalam Gudang pun terdapat 2 unit truk wing box, satu unit mobil bak terbuka , dan 1 unit alcon, yang digunakan untuk memindahkan Solar dari truk ke tangki.

Menurut TNI modus Pelaku yaitu dengan cara memodifikasi truk wing box mereka, dimana saluran tangki bahan bakar truk diteruskan ke tangki yang terdapat didalam box, sehingga saat pengisian bahan bakar di area SPBU, terlihat seperti pengisian BBM pada umumnya. Namun ternyata saat BBM masuk ke tangki mobil, Solar tersebut tersimpan disejumlah tangki berukuran 1000 liter.

Hingga saat ini dari dua TKP penyergapan, TNI berhasil menyita 5 ton Solar Ilegal, 3 truk wing box yang sudah dimodifikasi, dan 7 orang yang sedang dimintai keterangan. Dari hasil informasi sementara otak Pelaku adalah Warga Sukabumi dan Jakarta. Kini kasus tersebut TNI serahkan kepada pihak Kepolisian.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x