Kompas TV nasional agama

Cerita Pemuda 22 Tahun asal Gorontalo Naik Haji: Kerja di Konter HP, Menabung sejak Usia 12 Tahun

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:45 WIB
cerita-pemuda-22-tahun-asal-gorontalo-naik-haji-kerja-di-konter-hp-menabung-sejak-usia-12-tahun
Mathrid Sukmono Poetra (22), calon haji termuda dari Provinsi Gorontalo, saat berada di Asrama Haji Kota Gorontalo. (Sumber: ANTARA/Adiwinata Solihin)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

GORONTALO, KOMPAS.TV - Mathrid Sukmono Poetra (22 tahun) tidak menyangka bisa naik haji di usia yang relatif muda. Bahkan, ia menjadi calon haji termuda dari daerahnya, Gorontalo.  

Mathrid sendiri menabung sejak usia 12 tahun demi bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Di Asrama Haji Gorontalo, Mathrid bersyukur tahun ini bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

"Saya sangat senang," katanya dikutip Antara Selasa (28/6/2022).

Lantas, apa usahanya? 

Mathrid, yang kini sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi itu, ternyata menyisihkan sebagian uang hasil kerja di kios konter handphone (HP) atau ponsel sejak umur 12 tahun.

Dari bekerja di konter HP tersebut, ia lantas menyisihkan sebagian penghasilannya sedikit demi sedikit untuk tabungan haji.

Dengan uang tabungan itu dan tambahan dana dari orang tuanya, dia bisa mendaftar berhaji dan mendapat kesempatan berangkat ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022.

Mathrid akan berangkat ke Tanah Suci bersama jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Ujung Pandang (Makassar), yang terdiri dari 393 orang.

Baca Juga: Ini Alasan Jemaah Haji Tak Boleh Masukkan Air Zamzam ke Koper Bagasi saat Pulang ke Tanah Air

Jemaah kloter 14 Embarkasi Ujung Pandang meliputi 156 calon haji dari Kota Gorontalo, 185 calon haji dari Kabupaten Gorontalo, 19 calon haji dari Kabupaten Boalemo, dan 29 calon dari Kabupaten Gorontalo serta sejumlah petugas haji. Mereka diberangkatkan menuju daerah embarkasi pada Selasa.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo Syafrudin Baderung, jemaah kloter 14 Embarkasi Ujung Pandang berangkat dari Bandar Udara Djalaludin di Gorontalo menggunakan pesawat Lion Air. 

Penerbangan berlangsung pukul 04.50 WITA dan pukul 05.10 WITA menuju ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

 


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x