Kompas TV nasional peristiwa

5 Poin Penjelasan TNI AL Tentang Gagalnya Miras Senilai Rp8,8 Miliar Diselundupkan dari Malaysia

Kompas.tv - 28 Juni 2022, 11:14 WIB
5-poin-penjelasan-tni-al-tentang-gagalnya-miras-senilai-rp8-8-miliar-diselundupkan-dari-malaysia
TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak menggagalkan penyelundupan minuman keras (miras) dari Malaysia ke Indonesia senilai Rp 8,8 miliar (Sumber: Kompas.com/Dispenal)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak menggagalkan penyelundupan minuman keras (miras) dari Malaysia ke Indonesia senilai Rp 8,8 miliar di Desa Darik, Kecamatan Karangan, Sambas, Kalimantan Barat, Minggu (26/6/2022).

Untuk memahami lebih dalam, berikut ini lima fakta TNI AL yang menggagalkan penyelundupan miras senilai Rp8,8 miliar dari Malaysia.

1. Diketahui dari laporan intel

Menurut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, tim F1QR Lantamal XII Pontianak menerima informasi intelijen di lapangan pada Sabtu (25/6/2022) mengenai upaya penyelundupan miras ilegal dari Malaysia. Miras ilegal itu diangkut menggunakan tiga unit truk di daerah Bengkayang. 

“Mendapatkan informasi tersebut, Tim F1QR Lantamal XII Pontianak melaksanakan briefing, selanjutnya bergerak menuju daerah yang dicurigai,” kata Heri dalam keterangan tertulis, seperti dilansir Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Hotman Paris Temui MUI Minta Maaf Soal Heboh Promo Miras Gratis, Proses Hukum Jalan Terus

2. Diketahui adanya Loading Muatan Miras dari Truk Kontainer

Penyelundupan digagalkan saat loading muatan miras dari sebuah truk kontainer bernomor polisi KB 8409 AY ke dua unit truk yang lebih kecil. Kedua truk ini bernomor polisi KB 9156 P dan KB 8869 KL.

3. Tim Bea Cukai dan TNI Mengintai

Heri mengatakan, Tim F1QR Lantamal XII Pontianak lalu bergabung dengan Tim Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat guna mengintai.

Tim gabungan mengidentifikasi dan mencurigai sebuah truk dan membuntuti truk yang dicurigai sedang loading muatan miras. Pengintaian dilakukan pada Minggu (26/6/2022) pukul 01.30 WIB dini hari.

4. Ribuan botol senilai Rp8,8 miliar diamankan

Heri menyebut ribuan botol miras dari Malaysia sudah diamankan petugas, pihaknya menilai total barang tersebut sebesar Rp8,8 miliar.

“Minuman keras .... sebanyak 13.260 botol atau sekitar lebih kurang 9.876 liter dalam 1.170 karton senilai Rp 8.890.360.000 berhasil diamankan,” ujar Heri.

Baca Juga: Holywings Tegaskan Tak akan Lepas Tangan dari Kasus Promosi Miras

5. Tiga sopir truk ditangkap

Tiga orang sopir truk ditangkap dan diperiksa lebih lanjut oleh petugas Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat. "Ketiganya saat ini masih dalam pemeriksaan Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat," ucap Heri.
 

Baca Juga: TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.