Kompas TV nasional update

Enam PTN yang Masih Buka Pendaftaran Jalur Mandiri hingga Juli dengan KIP Kuliah atau Non KIP

Kompas.tv - 28 Juni 2022, 08:07 WIB
enam-ptn-yang-masih-buka-pendaftaran-jalur-mandiri-hingga-juli-dengan-kip-kuliah-atau-non-kip
Cara daftar KIP Kuliah untuk Jalur Mandiri 2022 baik di PTN maupun PTS. (Sumber: Getty Image via Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jalur mandiri merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang digelar oleh masing-masing PTN.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (MRPTNI), Prof Dr Jamal Wiwoho dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2022 pada Kamis (23/6/2022) lalu mengatakan, jalur mandiri bisa menjadi alternatif bagi peserta didik yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN 2022.

Adapun, pendaftaran jalur mandiri di sejumlah PTN di Indonesia bisa dilakukan menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. KIP Kuliah ini juga bisa digunakan untuk mendaftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

KIP Kuliah merupakan program dari pemerintah yang ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Program KIP Kuliah akan memberikan bantuan biaya selama masa studi di Perguruan Tinggi yang diterima.

"KIP Kuliah bisa digunakan untuk mendaftar di jalur mandiri semua PTN/PTS," kata tim Teknis KIP Kuliah Sony H. Wijaya, dikutip dari Kompas.com.

Namun, Sony menegaskan, setiap Perguruan Tinggi memiliki kebijakan untuk membuka atau menutup Program Studi (Prodi) yang menerima mahasiswa KIP Kuliah melalui jalur mandiri.

Baca Juga: Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri 2022 Beserta Jadwalnya, untuk Kamu yang Belum Lolos SBMPTN 2022

Berikut PTN yang membuka jalur mandiri dengan KIP Kuliah atau pun jalur Non KIP:

1. SM ITB

ITB membuka jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri (SM) ITB yang akan dibuka mulai 6-29 Juni 2022. SM ITB membuka kesempatan bagi pendaftar untuk mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP Kuliah.

Mahasiswa jalur mandiri ITB dengan KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 senilai Rp 0. Rincian informasi dapat diakses di laman admission.itb.ac.id.

 2. UM Undip

UM Undip membuka 3 jalur yang salah satunya adalah jalur KIP Kuliah untuk mahasiswa kurang mampu yang dibuktikan dengan Kepemilikan KIP. Peserta yang lolos UM Undip melalui jalur KIP ini akan ditetapkan UKT Golongan 1-3 tanpa SPI.

Informasi mengenai UM Unidp bisa diakses lewat undip.ac.id.

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes juga masih membuka Seleksi Mandiri untuk program S1 dan D3. Tes ini digelar berdasarkan hasil tes berbasis komputer dan penilaian portofolio.

Periode pendaftaran: 24 Mei - 2 Juli 2022



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.