Kompas TV entertainment lifestyle

Masih Ada Kesempatan, Fenomena Planet Sejajar Terjadi Lagi 28-30 Juni, Catat Waktunya!

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 23:21 WIB
masih-ada-kesempatan-fenomena-planet-sejajar-terjadi-lagi-28-30-juni-catat-waktunya
Fenomena planet sejajar yang berhasil diabadikan oleh remaja Singapura bernama Charmaine Lee, Sabtu (25/6/2022) kemarin. (Sumber: Kompas.com/Mothership)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena planet sejajar akan terjadi lagi besok Selasa (28/6/2022) sampai Kamis (30/6/2022).

Melansir laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), brin.go.id, Senin (27/6/2022), fenomena planet sejajar sudah berlangsung sejak awal Juni 2022.

Fenomena planet sejajar ini memungkinkan kita untuk menikmati jajaran planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dalam posisi sejajar dengan mata telanjang.

Baca Juga: Ini Penampakan Fenomena Planet Sejajar yang Berhasil Tertangkap Kamera

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang mengatakan bahwa konfigurasi pertama terjadi pada 4-15 Juni 2022.

Konfigurasi pertama ini melibatkan planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berada dalam posisi satu garis.

Kemudian, konfigurasi kedua terjadi pada 16-27 Juni 2022 dengan susunan Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan.

Terakhir, konfigurasi ketiga yang terjadi besok, 28-30 Juni 2022 dengan susunan yang sama dengan konfigurasi pertama.

Andi Pangerang menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi pada waktu subuh atau waktu fajar dan hanya berlangsung selama 50 menit.

Baca Juga: Fenomena Langit 5 Planet Sejajar Hari Ini

Dalam perhitungan astronomis, fenomena planet sejajar terjadi saat ketinggian matahari berada di angka -18 derajat atau 75 menit sebelum matahari terbit (sekitar pukul 04.30 waktu setempat).

Pemandangan planet sejajar perlahan memudar sampa matahari berada di ketinggian -6 derajat atau 25 menit sebelum matahari terbit (sekitar pukul 05.30 waktu setempat).

Lebih lanjut, kata Andi, pada akhir Juni planet Merkurius akan semakin jelas, sementara Venis meredup.

“Sejak 4 hingga 30 Juni, Merkurius akan memiliki kecerlangan yang bervariasi antara +2,06 hingga -0,61. Hal ini menunjukkan bahwa Merkurius akan semakin terang sampai di penghujung bulan Juni. Sedangkan untuk Venus bervariasi, antara -3,94 hingga -3,89, yang artinya akan sedikit redup pada akhir Juni,” jelas Andi.

“Sementara itu, Uranus bervariasi antara +5,89 hingga +5,87, yang artinya Uranus akan sedikit lebih terang pada akhir Juni. Serupa dengan Mars, Jupiter, dan Saturnus yang berturut-turut bervariasi, antara +0,57 hingga +0,47, -2,25 hingga -2,41, dan +0,68 hingga +0,56,” sambungnya.

Baca Juga: Fenomena Planet Sejajar 24 Juni Bisa Disaksikan di Indonesia, Apa yang Akan Terjadi?

Semua fenomena ini dapat disaksikan dengan mata telanjang, kecuali planet Uranus yang membutuhkan alat bantu optik.

Sebagai catatan, fenomena planet sejajar dapat disaksikan jika cuaca cerah, bebas dari polusi cahaya, dan medan pandang yang bebas dari penghalang.



Sumber : brin.go.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.