Kompas TV regional berita daerah

Terserang Wereng Tanaman Padi Dibabat Untuk Pakan Ternak

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 17:41 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Kesal dengan serangan hama wereng yang merusak tanaman padi. Petani di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, membabat habis tanaman padi mereka untuk dijadikan sebagai pakan ternak. Ini terpaksa dilakukan karena tanaman padi yang terserang wereng sudah tidak dapat dipanen lagi.

Sejumlah petani di Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ini, terpaksa membabat habis tanaman padi mereka. Sebab, tanaman padi yang menjadi harapan, sudah tidak dapat di panen, lantaran serangan hama wereng.

Sekitar 7 hingga 10 hektar tanaman padi di desa ini terserang hama wereng sejak umur 25 hari. Akibat serangan wereng, tanaman padi yang semula sehat, menjadi kering dan tidak lagi berbuah. Petani pun mengaku merugi besar karena gagal panen.

Padahal, berbagai macam obat pembasmi hama telah disemprotkan, namun hama tetap saja menyerang. Usai dibabat, tanaman padi kemudian dibawa pulang. Mereka akan memanfaatkannya sebagai pakan ternak.

Rencananya usai dibabat habis, lahan sawah akan kembali ditanami padi. Dengan harapan, nantinya tidak akan terserang hama wereng lagi seperti yang terjadi saat ini.

#beritamadiun
#hamawereng
#budidayapadi
#petanipadi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.