Kompas TV advertorial

Simak Fakta Seputar Varises dan Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 14:00 WIB
simak-fakta-seputar-varises-dan-cara-mengatasinya
Perawatan bercak kemerahan, kebiruan, atau keunguan di kulit wajah menggunakan teknologi laser (Sumber: Dok. Promec)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial menyebabkan tuntutan terhadap penampilan makin tinggi. Tak hanya wanita yang ingin terlihat sempurna, kini para pria pun mulai memperhatikan penampilan.

Selain menginginkan kulit cerah, licin, dan bebas jerawat, kebanyakan orang mulai lebih memperhatikan kulitnya, baik area wajah maupun tubuh bagian lain.

Tidak hanya flek, jerawat, dan bopeng, adanya bercak kemerahan, kebiruan, atau keunguan di kulit mulai banyak mendapat perhatian dari pasien. Hal ini disampaikan dr. Yoana Sandra Dewanti, SpKK, salah satu dermatogist di klinik Promec.

Bercak yang berbentuk seperti rambut-rambut halus di kulit ini disebut telangiektasis. Area terdampak telangiektasis yang paling sering dijumpai adalah kulit wajah maupun di area tubuh lain terutama di tungkai bawah.

Telangiektasis pada wajah bisa disebabkan genetik, penuaan, rosacea, kehamilan, atau penyakit autoimun seperti skleroderma, dermatomiositis, dan lupus eritematosus sistemik.

Baca Juga: Ingin Wajah Makin Glowing dan awet muda? Simak Manfaat Perawatan DNA Salmon di Sini

Di sisi lain, paparan sinar matahari berlebih, terlalu banyak menggunakan krim steroid, serta penyalahgunaan alkohol juga dapat memicu kemunculan telangiektasis di wajah.

Telangiektasis juga sering ditemukan pada dada, punggung, lengan, dan kaki. Telangiektasis yang muncul pada daerah kaki dikenal sebagai spider veins.

Spider veins adalah telangiektasis yang memiliki pembuluh darah sentral berwarna merah bercabang menyerupai gambaran sarang laba-laba.

Di sisi lain, telangiektasis di tungkai bawah bisa menyertai keluhan varises. Varises adalah kelainan pelebaran pembuluh darah balik yang menetap dan tidak hanya berbentuk sebagai bercak saja.

Dalam sejumlah kasus, pembuluh-pembuluh darah penderita varises bisa teraba karena berbentuk menyerupai benjolan atau melingkar-lingkar seperti cacing di dalam kulit.

Selain mengganggu penampilan, varises terkadang disertai keluhan gatal, rasa tidak nyaman, nyeri, panas, kram otot, dan bengkak. 

Varises tak jarang terasa memburuk bila berdiri terlalu lama. Sebaliknya, varises terasa membaik saat berjalan kaki atau beristirahat dengan posisi kaki dinaikkan lebih tinggi dari jantung. 

Telangiektasis merupakan kondisi yang tidak berbahaya sehingga pengobatannya pun berfokus untuk memperbaiki penampilan kulit. Sementara itu, penanganan varises biasanya dirujuk ke dokter spesialis bedah vaskular.

Baca Juga: Benarkah Abdominoplasty atau Tummy Tuck Membuat Perut Rata dan Kencang? Ketahui Faktanya di sini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.