Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Ninjau Haji Di Kabupaten Jembrana, Bali.

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KOMPAS TV - Setelah melepas keberangkatan calon jemaah haji, umat islam di Kabupaten Jembrana menggelar tradisi Ninjau Haji.

Tradisi turun temurun sejak lama ini dilaksanakan dengan berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga. Tradisi ini dimaksudkan untuk menghilangkan kesedihan keluarga lantaran salah satu keluarga mereka berangkat haji.

Selain itu, tradisi yang hanya ada di kabupaten ujung barat pulau Bali ini merupakan upaya mempererat tali silahturahmi antar sanak keluarga dan saling mengenal satu sama lain antara keluarga calon jemaah haji.

Salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan tradisi ini adalah obyek wisata Teluk Gilimanuk.

Selain dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk, tempat wisata yang menawarkan panorama alam pantai dengan dermaga kayu dan jukung yang berjejer rapi ini, menjadi tempat yang dipilih untuk berekreasi bersama keluarga. Tradisi Ninjau Haji ini biasanya dilakukan sehari penuh.

Kedatangan sanak keluarga yang merantau jauh dan jarang pulang, lalu pulang saat ada keluarga yang ikut berangkat haji, biasanya dimanfaatkan dalam tradisi ini untuk melepas kerinduan.

 

 

 

 

 

#tradisi #ninjauhaji #jembrana

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x