Kompas TV regional berita daerah

Pembuatan Gelang Haji Untuk Identias JCH

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 13:28 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Jemaah calon haji asal indonesia diwajibkan memakai gelang khusus sebagai identias, gelang yang memuat data cjh ini untuk memudahkan petugas  jika jemaah calon haji tersesat saat menunaikan rukun islam yang kelima di tanah suci. 

Selain paspor dan dokumen jemaah calon haji asal indonesia yang berangkat ke tanah suci  juga diberikan gelang khusus, gelang ini berbahan stainless dan berfungsi sebagai identitas, gelang ini bertuliskan data pribadi jemaah calon haji yang sesuai dengan sistem komputerisasi haji terpadu atau siskohat, gelang ini wajib dikenakan jch selama menunaikan rukun islam yang kelima di tanah suci.

Pengerjaan gelang dimulai dari mencetak nama jch berdasarkan data dan manifest dari sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu, kemudian dicetak diatas kertas stensil menggunakan mesin adaptor, usai dicetak lalu dibentuk agar menjadi gelang. Gelang tersebut lalu diurutkan sesuai nama dan rombongan masing masing sebelum di bagikan kepada jemaah calon haji yang masuk ke asrama haji sudiang makassar.

Salah satu lokasi yang menjadi pembuatan gelang haji dapat ditemui di embarkasi makassar, para perajin menempati salah satu wisma di asrama haji sudiang, dalam sehari para perajin asal jepara jawa tengah ini mampu membuat 800 gelang.


#gelanghaji
#jemaahcalonhaji
#asramahajisudiang



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.