Kompas TV bisnis bumn

Sah! Garuda Indonesia Lolos dari Jeratan Pailit

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 12:31 WIB
sah-garuda-indonesia-lolos-dari-jeratan-pailit
Garuda Indonesia akhirnya resmi lolos dari jeratan pailit. (Sumber: Garuda Indonesia. )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Hakim PN Jakarta Pusat akhirnya mengabulkan perjanjian penundaan pembayaran utang PT Garuda Indonesia (Persero) dengan para krediturnya. Sehingga, Garuda pun resmi lolos dari status pailit.

"Dengan ini menyatakan sah dan mengikat secara hukum perjanjian penundaan utang yang disetujui pada 17 Juni 2022 antara PT Garuda dan krediturnya," kata Hakim Ketua Majelis Kadarisman, dalam sidang yang dilakukan di Ruang Soebekti I, PN Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).

"Meminta Garuda dan krediturnya untuk tunduk pada isi perjanjian perdamaian," ujarnya.

Sebenarnya, perjanjian penyelesaian utang Garuda Indonesia sudah disetujui kreditur pada 17 Juni 2022. Sidang putusan pun digelar pada Senin 20 Juni lalu, namun pembacaan putusan ditunda.

Baca Juga: Garuda Indonesia Lolos dari Jurang Pailit Usai 97,46 Persen Kreditor Setujui Proposal Perdamaian

Lantaran, majelis hakim belum lengkap dan baru menerima laporan soal pemungutan suara proposal perdamaian sesaat sebelum sidang dimulai.

Kemudian, ada surat keberatan yang disampaikan dua kreditur Garuda terhadap perhitungan daftar piutang tetap (DPT).

Dalam perjanjian perdamaian tersebut, 95 persen kreditur Garuda yang mewakili 97 persen utang yang terverifikasi menyetujui proposal damai Garuda. Total utangnya sendiri tercatat oleh pengurus PKPU Garuda mencapai sekitar Rp 142 triliun.

"Kami sangat apresiasi putusan majelis hakim yang mengesahkan perjanjian perdamaian dari PT Garuda Indonesia. Dan hari ini disampaikan di putusannya bahwa PKPU Garuda Indonesia telah berakhir dan mendukung Garuda dan krediturnya untuk melaksanakan perjanjian perdamaian," ujar Tim Pengawas PKPU Garuda Indonesia Asri kepada wartawan di PN Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Erick Thohir Soal Nasib Garuda Usai PKPU Disetujui Kreditur

"Selanjutnya putusan ini akan kami umumkan lewat koran nasional dan berita acara Indonesia. Kami berharap PT Garuda Indonesia selanjutnya bisa laksanakan putusan perdamaian secara baik-baik," ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Garuda, manajemen perusahaan mengatakan rasa terimakasihnya kepada para konsumen dan pihak terkait.

"Hari ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Garuda Indonesia untuk terus berakselerasi dan berbenah diri menjadi Perusahaan yang semakin solid, adaptif dan berdaya saing," kata manajemen Garuda.

"Terima kasih untuk kepercayaan dan dukungan Anda yang membawa kami ke titik ini untuk terus terbang lebih tinggi, dan telah menjadi kawan perjalanan kami dalam menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi negeri,"

"Kami berjanji, kami tidak akan berhenti untuk terus hadir menjadi bagian dari kisah cerita Anda di langit Nusantara," tutur manajemen.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x