Kompas TV regional berita daerah

Saber Pungli Bongkar Dugaan Pungli PPDB

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 12:10 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Tim saber pungli provinsi jawa barat, mengungkap dugaan praktek pungutan liar di smk negeri 5 kota bandung. Sekolah diduga telah memungut uang iuran dari orang tua murid,  yang dinyatakan lolos seleksi penerimaan peserta didik baru atau ppdb. Selain menyita barang bukti uang tunai sebesar  Rp 40 juta, 5 orang panitia ppdb termasuk kepala sekolah diamankan untuk dimintai keterangan.

Menurut kepala bidang data dan informasi saber pungli provinsi jawa barat, yudi ahadiat,  pengungkapan kasus pungli ppdb ini bermula dari aduan orang tua murid, yang merasa keberatan dengan pungutan yang dilakukan pihak sekolah.

Setiap orang tua murid harus memberikan uang masing-masing sebesar  Rp 3 juta, yang diperuntukan sebagai uang bangunan serta Rp 550 ribu, untuk uang pramuka.

Berangkat dari aduan ini, tim kemudian melakukan inspeksi dan menemukan barang bukti uang tunai sebesar Rp 4 juta, tim saber pungli juga memeriksa lima orang panitia ppdb, termasuk kepala sekolah.

Sementara, itu pihak sekolah yang diwakili wakil kepala sekolah bidang hubungan industri eka rachman menegaskan, bahwa pihaknya membantah adanya ott ,yang dilakukan oleh tim saber pungli jabar kepada sekolahnya. eka menjelaskan bahwa uang tersebut merupakan sumbangan dari ornag tua murid, yang telah sesuai aturan karena dilakukan melalui komite sekolah .

Saat ini tim saber pungli jawa barat masih melakukan pendalaman, dan berencana melakukan gelar perkara.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.