Kompas TV regional berita daerah

Kisah Memprihatinkan Nenek Bosih, Tinggal Seorang Diri di Gubuk di Atas Kolam Ikan

Senin, 27 Juni 2022 | 12:05 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Bukan hal yang mudah untuk menuju Dusun Binangun Baru, Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jalan menuju ke dusun rusak selama puluhan tahun. Jika hujan jalan yang berlubang tergenang air dan membahayakan para pengendara.

Kondisi muram ini menjadi bagian dari Nenek Bosih yang juga memprihatinkan. Nenek bosih adalah warga lansia berusia 90 tahun yang hidup seorang diri di sebuah gubuk di atas kolam ikan.

Nenek Bosih memiliki seorang anak yang menjadi nelayan di Sulawesi Tenggara. Sesekali sang anak mengirimkan uang untuk kebutuhan sehari-hari Nenek Bosih. Namun, bila tidak ada kiriman uang, Nenek Bosih makan nasi hanya dengan garam atau sambal saja.

"Kulo mboten nyiwun nopo-nopo, kulo nyiwun waras mawon (saya tidak minta apa-apa, saya minta sehat saja)," ujar Nenek Bosih.

Nenek Bosih adalah satu diantara puluhan warga di Dusun Binangun baru yang hidup di bawah garis kemiskinan.

"Lansia ini sama saja kesulitan dan kesusahan, untuk mencari nafkah pun karena daerahnya seperti ini sangat-sangat sulit. Penghasilan petani sendiri kalo memang cocok tanam itu mungkin panen juga hanya satu tahun sekali. Kalo untuk sekarang ini panen pun susah, menanam juga sudah habis modal, terendam air sehingga enggak panen," jelas Tumiran Sumanto, Tokoh Masyarakat Desa Binangun.

Tidak jarang Nenek Bosih menerima uluran tangan dari para tetangga. Namun, pengurus desa berharap, ada bantuan yang berkelanjutan untuk Nenek Bosih dan warga lainnya. Selain itu, jalan desa yang rusak bisa diperbaiki untuk memperlancar aktivitas sosial dan ekonomi.

#cilacap #nenekbosih #dusunbinangun

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x