Kompas TV regional berita daerah

Pemilu 2024, Pramuka Dilibatkan Sebagai Pengawas Partisipatif

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah akan melibatkan pramuka sebagai pengawas partisipatif dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

Dilibatkannya pramuka sebagai pengawas partisipatif akan memberikan wawasan bagi masyarakat tentang pelaksanaan dan pentingnya Pemilu, apalagi pada pemilu 2024  dengan jumlah pemilih besar. Dengan melibatkan generasi milenial dalam melakukan sosialisasi terhadap teman sebaya, diharapkan dapat memberikan informasi mekanisme Pemilu, sehingga tidak asal pilih.

Sementara untuk mekanisme yang diterapkan, Fajar Subhi, Ketua Bawaslu Jawa Tengah menyampaikan, Bawaslu Kabupaten Kota akan berkoordinasi dengan kwartir cabang masing-masing untuk membentuk gagasan Saka Adhyasta dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada para peserta dengan tiga krida, yakni pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran.

"Mekanismenya, nanti Bawaslu Kabupaten Kota akan berkoordinasi dengan kwartir cabang masing-masing, itu menyampaikan gagasan Bawaslu untuk membentuk Saka Adhyasta," ujar Fajar Subhi.

Dengan pelatihan dan pembekalan mekanisme Pemilu, diharapkan anggota pramuka yang terlibat dapat menjadi pengawas partisipatif.

#pemilu #pramuka #bawaslu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x