Kompas TV nasional peristiwa

Heboh Nilai UTBK-SBMPTN Peserta Tak Keluar karena Dianggap Melanggar Tatib

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 10:47 WIB
heboh-nilai-utbk-sbmptn-peserta-tak-keluar-karena-dianggap-melanggar-tatib
Foto ilustrasi. Pihak LTMPT memberikan klarifikasi terkait hebohnya kabar dugaan kecurangan pada ujian seleksi UTBK-SBMPTN 2022. Pihak LTMPT mengatakan akan menindak tegas peserta yang terbukti curang. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah unggahan dari peserta yang mengatakan nilai UTBK-SBMPTN 2022 tak keluar karena dianggap melakukan pelanggaran heboh di media sosial.

Ketika melakukan pengecekan nilai atau mengunduh sertifikat SBMPTN 2022, laman tersebut menampilkan teks "Nilai UTBK Tidak Diberikan, Karena Saudara Melakukan Pelanggaran Tata Tertib Peserta,".

Salah satu peserta yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan dirinya mendapatkan pesan tersebut ketika hendak melakukan pengecekan nilai. Ia mengeluh karena dianggap melakukan kecurangan.

"Saya dituduh melakukan kecurangan, padahal saya 100 persen tidak melakukan kecurangan," kata peserta itu dikutip dari Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Lulus Seleksi? Segera Download Sertifikat SBMPTN 2022 di Portal LTMPT dan 32 Link Ini

Teks yang menunjukkan nilai UTBK-SBMPTN 2022 tak muncul karena peserta dianggap melakukan pelanggaran. (Sumber: Kompas.com)

Peserta itu mengisahkan, saat mengikuti tes petugas tak menemukan masalah saat melakukan pemeriksaan sesaat sebelum ujian. Di meja ujian hanya ada KTP, bolpoin, dan kertas. Sesuai aturan saat tes, tas dan seluruh barang diletakkan di meja ruangan. 

"Ketika ujian mulai, jujur aku juga udah enggak berani ngapa-ngapain lagi selain berfokus sama ujian aku," jelas dia.

Seusai ujian ia dan seluruh peserta lain mengambil tas dan meminta pengawas mengisi formulir kepuasan melalui ponsel masing-masing. Ia mengaku sempat mengambil foto dengan ponselnya.

"Ketika itu emang disuruh untuk mengisi kuesioner kepuasan oleh pihak pengawas," tuturnya.

Baca Juga: Cara Cek Nilai UTBK 2022, Berguna untuk Daftar Jalur Mandiri di PTN



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x