Kompas TV internasional kompas dunia

KTT G7 di Jerman: Forum Negara Maju, Mengapa Indonesia Diundang?

Senin, 27 Juni 2022 | 10:25 WIB
ktt-g7-di-jerman-forum-negara-maju-mengapa-indonesia-diundang
Pertemuan G7 digelar di Kastil Elmau, sebuah hotel mewah kuno dengan latar sejarah kelam dan masa lalu yang penuh gejolak. (Sumber: Time)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan telah tiba di Munich, Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, Minggu (26/6/2022).

Indonesia, selaku Presiden G20, akan mengikuti forum G7 di Kastil Elmau, Jerman hari ini, Senin (27/6/2022).

Media publik Jerman, Deutsche Welle (DW) memberitakan lokasi KTT G7 berpindah-pindah setiap tahunnya. Namun, kali ini forum informal tujuh negara tersebut digelar di kawasan terpencil di Garmisch-Partenkierchen, di selatan Jerman.

Baca Juga: Jokowi Disambut Pasukan di Munich Sebelum Ikuti KTT G7 di Jerman

Pembahasan KTT G7

KTT G7 merupakan forum tahunan yang dilaksanakan oleh negara-negara industri maju yang terdiri dari Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, Kanada, Inggris dan Prancis.

Forum ini membahas situasi global yang bertujuan untuk mencapai keputusan dan kesepakatan untuk bekerja sama di bidang-bidang tertentu. Namun, keputusan dan kesepakatan itu hanya bersifat usulan dan rekomendasi, sehingga tidak bersifat mengikat.

Hasil pertemuan puncak biasanya diumumkan dalam sebuah komunike atau pernyataan bersama.

Pertemuan G7 kali ini membahas dampak invasi Rusia ke Ukraina yang dikhawatirkan akan menyebabkan krisis pangan global. Sebab, dua negara tersebut merupakan penghasil gandum utama dunia.

Ketegangan politik dan perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina saat ini juga berdampak pada lonjakan harga energi dan mendorong angka inflasi di negara-negara maju.

Baca Juga: Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Pengamat Ingatkan 3 Risiko Keamanan yang Harus Diwaspadai

Rusia Pernah Menjadi Anggota Forum ini


Sumber : Kompas TV, DW

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x