Kompas TV nasional politik

PAN Daerah Mengusulkan Anies, Sandiaga, Erick Thohir, Airlangga, Ridwan Kamil dan Zulhas Capres

Senin, 27 Juni 2022 | 07:52 WIB
pan-daerah-mengusulkan-anies-sandiaga-erick-thohir-airlangga-ridwan-kamil-dan-zulhas-capres

Penulis : Iman Firdaus

Ketua DPW PAN Kalteng Achmad Diran (tiga dari kanan) bersama seluruh pengurus partai melaksanakan rakerwil untuk mengusulkan nama bakal Cawapres dan Cawapres 2024 yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Minggu (26/6/2022). (Sumber:ANTARA)


JAKARTA, KOMPAS.TV- Dewan PImpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng) saat rapat kerja daerah (rakerda) di Palangka Raya, mengusulkan Erick Thohir sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

"Sedangkan Zulkifli Hasan sebagai calon wakil presiden (cawapres)," kata Pimpinan Sidang Rakerda DPD PAN se-Kalteng Ideham, didampingi Sekretaris H Ahmad Zahidi, di Palangka Raya, Minggu (26/6/2022).

Selain dua nama tersebut, juga muncul nama Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 dalam rakerda yang dihadiri pengurus DPD PAN se-provinsi setempat.

Namun para peserta rakerda tersebut, banyak menginginkan Erick Thohir dan Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai pasangan capres dan cawapres yang diusung PAN bersama koalisi di 2024 nanti.

"Meskipun banyak yang mengusulkan dua nama tersebut, tetapi ada beberapa juga ada yang mengusulkan Anies Baswedan Gubernur DKI aktif dan Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia," ujarnya pula.

Ideham menyatakan, nama-nama Capres dan Cawapres 2024 yang diusulkan DPD PAN se-Kalteng nantinya akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalteng.

Kemudian nantinya juga akan disampaikan DPW ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk dibahas lebih lanjut di tingkat nasional.

Baca Juga: Ketua Umum Partai Amanat Nasional Dukung Erick Thohir Jadi Presiden

Sebelumnya, dalam rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Jakarta Selatan pekan lalu,  menghasilkan lima nama usulan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024.

Kelima nama tersebut adalah Anies Baswedan, Zulkifli Hasan, Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Ridwan Kamil.

Ketua DPD PAN Jaksel, Farazandi Fidinansyah, mengatakan nama - nama itu telah disepakati oleh 10 DPC se-Jakarta Selatan untuk disodorkan ke Rapat Kerja Wilayah DPW PAN DKI Jakarta yang digelar pada 30 Juli mendatang, untuk kemudian diteruskan ke DPP.


“Rapat Kerja Daerah DPD PAN Jakarta Selatan, menyepakati lima nama antara lain, Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil,” kata Farazandi  Minggu (19/6/2022).

Namun dari kelima nama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mendapat suara mayoritas sebagai calon presiden. Sisanya, diusulkan sebagai cawapres.

Anggota DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan bahwa lima nama tersebut dipilih berdasarkan musyawarah, lantaran dipandang mampu mengedepankan politik gagasan, dan punya visi terhadap generasi muda.

“Kami melihat figur-figur tersebut mengedepankan gagasan, berwawasan kebangsaan, dan punya visi menyambung generasi berikutnya,” ujar Farazandi.

Baca Juga: Hanafi Rais Mundur dari Waketum, Ketua Fraksi, dan Anggota DPR Partai Amanat Nasional (PAN)

Sebagai informasi, pada 26 Agustus mendatang PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di mana salah satu agendanya adalah menetapkan usulan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024. Usulan tersebut dijaring mulai dari tingkat daerah sampai provinsi.


 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x