Kompas TV nasional peristiwa

Siap Pacu Adrenalin, Jembatan Gantung Kaca Pertama di Indonesia Segera Bisa Dilewati

Senin, 27 Juni 2022 | 06:09 WIB
siap-pacu-adrenalin-jembatan-gantung-kaca-pertama-di-indonesia-segera-bisa-dilewati
Jembatan Kaca Seruni Point ditargetkan selesai pada September 2022 (Sumber: Kementerian PUPR)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Balai Geoteknik, Terowongan, dan Struktur Bina Marga Kementerian PUPR Fahmi Aldiamar mengatakan pembangunan jembatan gantung kaca pertama di Indonesia diharapkan selesai sesuai target pada September mendatang.

Seperti diketahui, pembangunan jembatan gantung kaca pertama di Indonesia telah dikerjakan sejak September 2021 di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Kami akan berupaya agar pembangunan jembatan kaca dapat selesai sesuai rencana," terang Fahmi pada Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

"Ke depannya, tata kelola operasional jembatan kaca akan dilakukan oleh Kementerian LHK dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, sehingga dapat mendongkrak jumlah wisatawan ke Bromo dan dapat meningkatkan perputaran roda perekonomian terutama meningkatkan kesejahteraan warga sekitar," lanjutnya.

Jembatan yang bernama Jembatan Kaca Seruni Point itu nantinya akan berfungsi sebagai infrastruktur pendukung pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.

Dalam proses penggarapan, Kementerian PUPR melibatkan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (LHK) dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. 

Pasalnya, jembatan dibangun melewati Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, sementara pemerintah daerah menyediakan lahan sebagai kaki jembatan.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang Libatkan 17 Kendaraan, Empat Korban Luka Berat

Melansir keterangan di laman resmi Kementerian PUPR, jembatan kaca ini akan membentang sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter, menggantung di atas jurang berkedalaman sekitar 80 meter.

"Struktur jembatan gantung berupa kaca pengaman berlapis dengan ketebalan 25,55 mm, dilengkapi double protection steel berupa baja galvanis agar tidak karat," terang PUPR.

Dengan rincian seperti itu, nantinya jembatan gantung kaca dipastikan menjadi salah satu wisata yang memacu adrenalin.

Baca Juga: Terjadi Demo Besar Jelang Forum G7 yang Dihadiri Jokowi


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x