Kompas TV internasional kompas dunia

Terjadi Demo Besar Jelang Forum G7 yang Dihadiri Jokowi

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 02:25 WIB
terjadi-demo-besar-jelang-forum-g7-yang-dihadiri-jokowi
Protes besar terjadi jeang dimulainya KTT G7 di Jerman (Sumber: Twitter @hummel_whh)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

MUNCHEN, KOMPAS.TV - Protes besar terjadi jelang dimulainya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman pada Minggu (26/6/2022). 

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi telah bertolak ke Jerman pada hari yang sama untuk menghadiri forum itu sebagai tamu undangan. 

Kantor berita Jerman DPA melaporkan ribuan orang turun ke jalan di kota Munchen, lebih sedikit dari perkiraan polisi setempat yang memprediksi jumlah peserta mencapai 20.000 demonstran.

Sebanyak lima belas kelompok yang kritis pada isu globalisasi, dari Attac hingga World Wildlife Fund berpartisipasi dalam demonstrasi itu.

Adapun tuntutan yang disuarakan meliputi penghapusan bahan bakar fosil, pelestarian keanekaragaman hayati dan keadilan sosial serta upaya lebih besar untuk memerangi kelaparan.

"Mereka memiliki komitmen yang jelas untuk transisi energi, yaitu keluar dari bahan bakar fosil, semua bentuk bahan bakar fosil, paling lambat pada tahun 2035, sehingga kita dapat berhenti membiayai perang dan konflik," ujar Kilian Wolter dari Greenpeace.

Baca Juga: Kelompok Negara G7 Batasi Penggunaan Cadangan Emas Bank Sentral Rusia

Sehari sebelumnya, anggota Oxfam lebih dulu mengadakan protes di kota itu dengan parodi kepala besar pemimpin G7 untuk menuntut lebih banyak kesetaraan global. 

"Kami membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi berbagai krisis di zaman kami," kata Tobias Hauschild, juru bicara Oxfam.

"Itu berarti G7 harus segera bertindak. Mereka harus memerangi kelaparan, ketidaksetaraan, dan kemiskinan," tandasnya.

Sebanyak 18.000 aparat diterjunkan untuk mengamankan lokasi KTT G7. Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser mengimbau massa aksi menghindari kekerasan.

"Saya berharap semua demonstran memprotes secara damai, tidak menyakiti siapa pun dan tidak menghancurkan mobil atau toko apa pun," terang Nancy.

Protes diprediksi terus berlanjut selama berjalannya KTT G7 di Schloss Elmau mulai 26-28 Juni 2022. 

Terlepas dari itu, pemimpin dari 30 negara yang tergabung dalam aliansi militer NATO akan berkumpul untuk KTT di Madrid pada 29-30 Juni 2022.

Baca Juga: Kisah Seram Kastil Elmau, Tempat Pertemuan G7 yang Dihadiri Presiden Joko Widodo

 



Sumber : The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.