Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Penampakan Fenomena Planet Sejajar yang Berhasil Tertangkap Kamera

Minggu, 26 Juni 2022 | 23:02 WIB
ini-penampakan-fenomena-planet-sejajar-yang-berhasil-tertangkap-kamera
Fenomena langit planet sejajar menjadi perbincangan hangat warganet dan viral di media sosial Jumat (24/6/2022). (Sumber: Twitter guivaloz/Giullermo Valdes)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Penampakan fenomena planet sejajar yang jarang terjadi berhasil tertangkap kamera melalui ponsel, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

Planet Jupiter, Mars, Venus, dan Bulan bisa dilihat secara langsung dengan mata. Fenomena ini diketahui hanya muncul beberapa kali sejak 2005 silam.

Seorang remaja bernama Charmaine Lee berhasil menangkap fenomena tersebut pada pukul 6.33 pagi waktu setempat. Lee mengatakan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mengambil momen tersebut.

Baca Juga: Wow, Jupiter Diyakini Planet Kanibal dan Memakan Planet Lainnya hingga Jadi Terbesar di Tata Surya

"Aku butuh waktu sekitar 45 menit untuk menangkap gambar ini sambil menunggu awan menyingkir untuk mendapatkan gambar planet yang bagus," tuturnya dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Perempuan yang meminati astronomi sejak berusia 12 tahun itu mengaku senang berhasil menangkap peristiwa langka ini.

"Aku suka melihat bintang-bintang, dan planet-planet dan melihat peristiwa langka seperti ini," ujarnya.

Lee kemudian mengunggah jepretannya yang berasal dari iPhone 13 itu dan memberikan keterangan planet dan satelit. Sebenarnya fenomena tersebut juga melibatkan Merkurius dan Saturnus, tetapi hanya 3 planet saja yang terlihat.

Baca Juga: Mahasiswa Pecinta Astronomi UIN KHAS Jember Berburu Fenomena 5 Planet Sejajar

Fenomena planet sejajar yang berhasil diabadikan oleh remaja Singapura bernama Charmaine Lee, Sabtu (25/6/2022) kemarin. (Sumber: Kompas.com/Mothership)

Lee berkisah astronomi memengaruhi kehidupannya saat ini. Ketika ia mengalami panik, Lee menemukan ketenangan dengan menatap langit malam dan bintang.

"Aku ingat kejadian ketika mengalami serangan panik dan mengalami hiperventilasi. Naluriku mengatakan untuk melihat ke langit malam dan aku melihat bintang berkilau di langit malam yang secara ajaib membuatku merasa lebih baik seketika," ujarnya.

"Aku berhenti mengalami hiperventilasi dan aku tidak panik lagi setelah kejadian itu."

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Planet Jupiter: Rotasi Tercepat Sejagat hingga Punya Cincin Tipis


Ia juga menyatakan kesukaannya pada astronomi bisa membantunya mencapai tujuan dalam hidup. Hal tersebut memotivasinya untuk berhasil mencapai nilai terbaik dalam ujian nasional di sana.

"Aku menyukai astronomi karena percaya bahwa langit adalah bintang keberuntungan yang akan membimbingku dalam mencapai tujuan," tuturnya. 

"Aku merasa termotivasi oleh langit untuk bekerja keras dan berhasil mencapai O Level tahun ini," pungkasnya usai memotret 4 planet sejajar.


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x