Kompas TV internasional kompas dunia

Kubu Konservatif Mahkamah Agung AS Unjuk Gigi dalam Putusan Besar soal Aborsi dan Senjata

Kompas.tv - 26 Juni 2022, 06:05 WIB
kubu-konservatif-mahkamah-agung-as-unjuk-gigi-dalam-putusan-besar-soal-aborsi-dan-senjata
Majelis Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) yang terdiri dari 9 hakim agung. Putusan Mahkamah Agung AS tentang senjata api dan aborsi membuat heboh negara itu serta mengirimkan pesan yang jelas. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV— Putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat tentang senjata api dan aborsi membuat heboh negara itu serta mengirimkan pesan yang jelas, seperti laporan Associated Press, Sabtu (25/6/2022).

Pesan tersebut adalah, hakim aliran konservatif memegang kekuasaan dan mereka tidak takut menggunakannya untuk membuat perubahan transformatif dalam hukum. Di antaranya adalah mengambil hak perempuan untuk melakukan aborsi, yang telah berdiri dan berlaku selama hampir 50 tahun.

"Tidak ada lagi setengah-setengah," begitu mereka menyatakan pada Jumat (24/6) saat membatalkan yurisprudensi Roe v. Wade dan mengizinkan negara bagian untuk melarang aborsi.

Dan sehari sebelumnya, saat memutuskan untuk pertama kalinya bahwa orang Amerika berhak membawa pistol di depan umum untuk membela diri, mereka mengatakan bahwa Konstitusi sudah jelas.

Hakim Sonia Sotomayor, salah seorang dari tiga hakim agung yang berpandangan liberal di Mahkamah Agung AS yang beranggotakan 9 hakim, menggambarkan rekan-rekannya sebagai "pengadilan yang gelisah dan baru dibentuk".

Kasus aborsi khususnya, merupakan penolakan terhadap pendekatan yang lebih bertahap yang disukai oleh Ketua Hakim John Roberts.

Keputusan dalam kasus-kasus populer berturut-turut adalah manifestasi terbaru dan mungkin, paling jelas menggambarkan tentang bagaimana pengadilan telah berkembang selama enam tahun terakhir: produk dari kecelakaan sejarah dan kekuatan politik Partai Republik — dari sebuah institusi yang condong ke kanan, tetapi menghasilkan beberapa kemenangan liberal.

Baca Juga: Perlindungan Hak Aborsi Dibatalkan, Demonstrasi Besar Guncang Amerika Serikat

Putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat tentang senjata api dan aborsi membuat heboh negara itu serta mengirimkan pesan yang jelas (Sumber: AP Photo)

Komposisi hakim agung AS saat ini yakni 6:3, mayoritas berhalauan konservatif dibanding mereka yang liberal.

Mereka juga memamerkan pengaruh besar yang dimiliki oleh dua pendukung sayap kanan, Hakim Clarence Thomas dan Samuel Alito. Thomas menulis pendapat pengadilan tentang senjata, sementara Alito menulis untuk mayoritas aborsi.

Pendapat Alito sangat tegas.

"Roe dan Casey harus dikesampingkan," tulisnya mengacu pada preseden aborsi penting pengadilan dari tahun 1973 dan 1992. "Dan wewenang untuk mengatur aborsi harus dikembalikan kepada rakyat dan perwakilan terpilih mereka."

Sendirian di antara enam hakim agung konservatif Mahkamah Agung, hanya Roberts yang mengatakan dia akan mengambil "jalan yang lebih terukur", hanya menegakkan larangan aborsi setelah 15 minggu di Mississippi. Dia mengatakan membatalkan Roe adalah hal yang tidak perlu dan merupakan "sengatan serius" bagi sistem hukum.

Tetapi, hakim agung tidak dapat menarik dukungan dari rekan-rekannya di sebelah kanan, termasuk tiga hakim agung yang dicalonkan oleh mantan Presiden Donald Trump.

Hakim Neil Gorsuch, Brett Kavanaugh dan Amy Coney Barrett membantu membentuk mayoritas untuk mengesampingkan Roe. Hal ini sesuai ramalan dari calon Trump saat itu bahwa pengadilan tingginya akan memilih seperti itu.

Mereka dipilih setelah penyaringan yang cermat oleh Gedung Putih era Trump dan kelompok kepentingan konservatif yang dirancang untuk menghindari kekecewaan yang dihasilkan oleh calon-calon dari Partai Republik sebelumnya, seperti Hakim David Souter dan Anthony Kennedy. Suara keduanya membantu melestarikan Roe 30 tahun lalu.

Baca Juga: Joe Biden Kesal Mahkamah Agung Batalkan Hak Aborsi, Sebut AS Terasing dari Negara-Negara Maju

Seorang demonstran pro-aborsi membawa poster yang mengkritik pengaturan Amerika Serikat (AS) atas aborsi dibanding kelonggaran aturan pemilikan senjata api. Foto diambil di West Hollywood, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (24/6/2022). (Sumber: Jae C. Hong/Associated Press)

Tetapi bagaimana Trump bahkan bisa mengisi tiga lowongan hakim agung? Setelah Hakim Antonin Scalia meninggal pada Februari 2016, pemimpin Senat Republik Mitch McConnell dari Kentucky bersumpah untuk mencegah Presiden Barack Obama mengisi kursi hakim agung selama tahun pemilihan.

Obama menominasikan Merrick Garland, yang saat itu menjadi hakim pengadilan banding federal dan sekarang menjadi jaksa agung Presiden Joe Biden. Namun, Partai Republik bahkan tidak memberikan sidang uji kandidat kepada Garland.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.