Kompas TV regional budaya

Belajar Tari Topeng Langsung dengan Maestro Didik Nini Thowok

Sabtu, 25 Juni 2022 | 04:05 WIB
belajar-tari-topeng-langsung-dengan-maestro-didik-nini-thowok
Program Belajar Bersama Maestro (BBM) memilih Tari Topeng sebagai objek pemajuan kebudayaan (OPK) dengan menggandeng Didik Nini Thowok (Sumber: istimewa)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAGELANG, KOMPAS.TV- Program Belajar Bersama Maestro (BBM) memilih Tari Topeng sebagai objek pemajuan kebudayaan (OPK). Tidak tanggung-tanggung program yang diinisiasi Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (Direktorat PTLK), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggandeng maestro tari Didik Nini Thowok.

Kegiatan BBM dengan OPK Tari Topeng dilaksanakan secara daring dan luring dengan bekerja sama dengan Komunitas Lima Gunung. Kegiatan daring berupa webinar dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2022 dengan tema “TOPENG”.

Sementara, kegiatan luring dilaksanakan pada tanggal 18-24 Juni 2022 yang bertempat di Studio Mendut, Jl. Mayor Kusen No.8, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Kolaborasi Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dengan Maestro Tari Didik Nini Thowok


Peserta BBM Tari Topeng luring diikuti oleh 20 peserta. Para peserta tersebut merupakan pegiat seni tari muda yang berasal dari Kawasan Borobudur dan sekitarnya. Setiap hari mereka mendapat pelatihan dan materi seputar Tari Topeng.

Pada akhir pertemuan, para peserta mementaskan Tari Topeng di Studio Mendut.

“Program BBM ini sangat penting, karena menanamkan pengertian, pemahaman dan kecintaan pada generasi muda terutama, tentang keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia,” ujar Didik Nini Thowok, Jumat (24/6/2022).

Dalam BBM tari topeng, peserta mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang tata cara menari dengan menggunakan properti topeng.

Sebelum masuk ke sesi-sesi praktik, para peserta terlebih dahulu dibekali oleh materi-materi tentang topeng yang ada di berbagai macam daerah di Indonesia, seperti Topeng Banjar, Topeng Lengger Wonosobo, Topeng Cirebon, maupun topeng di negara-negara luar, seperti Jepang dan China.

Baca Juga: Didik Nini Thowok Kembali Viralkan Tarian Lathi Challenge

Setelah dibekali dengan pengetahuan tentang topeng, para peserta melakukan sesi praktik, seperti penggunaan properti kipas dalam Tari Topeng dan gerak silat dengan menggunakan properti topeng.

Para peserta juga diajari koreografi tari topeng yang terbagi dalam tiga jenis tarian, yaitu tari tunggal, berpasangan, dan kelompok.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x