Kompas TV olahraga kompas sport

5 Nomor Punggung yang Pernah Dikenakan Lionel Messi: Pernah Pakai No.15

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:35 WIB
5-nomor-punggung-yang-pernah-dikenakan-lionel-messi-pernah-pakai-no-15
Lionel Messi mengenakan seragam Newells Old Boys. (Sumber: ANTARA/REUTERS/ALBERT GEA)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tepat para hari ini, 24 Juni 2022, mega bintang sepak bola Lionel Messi genap berusia 35 tahun.

Semenjak debut profesional pada 2004 silam hingga sekarang, Messi lebih lekat dengan nomor punggung 10. Tetapi, itu bukan nomor punggung satu-satunya yang pernah menghiasi punggung Messi. 

Selama 18 tahun berkarier di total dua klub dan Timnas Argentina U-20 sampai senior, Messi pernah menggunakan sejumlah nomor punggung yang berbeda. 

Baca Juga: Presiden PSG Sebut Lionel Messi Bisnis Bagus hingga Bawa 4 Keuntungan Besar

Lalu, nomor mana saja yang pernah digunakan Sang Messiah? Berikut daftarnya.

Daftar 5 Nomor Punggung yang Pernah Digunakan Messi

1. 10 (Barcelona dan Timnas Argentina)

Nomor punggung 10 memang sudah sangat ikonik dengan sosok Messi, terlebih ketika dirinya bermain bagi Barcelona dan Timnas Argentina. 

Setelah Ronaldinho hengkang dari Barcelona, Si Penyihir Cilik ini dipasrahi nomor punggung legendaris tersebut. Dirinya terus mengenakan nomor 10 Barcelona dari tahun 2008 hingga akhirnya hengkang pada musim panas tahun lalu. 

Sementara itu, sejak tahun 2009 Messi resmi mengambil alih nomor punggung Albiceleste dari Juan Roman Riquelme. 

2. 30 (Barcelona dan Paris Saint-Germain)

Semenjak mentas dari akademi La Masia ke tim utama Barcelona pada 2004 silam, Messi mendapatkan nomor punggung 30.

Selama dua musim perdananya di tim utama Barcelona dengan nomor 30 menghiasi punggungnya, Messi mencatatkan total 9 gol dari 34 penampilan. 

15 tahun setelah menanggalkan nomor 30, Messi kembali memilih angka tersebut saat resmi menjadi pemain anyar Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2021. 

Baca Juga: Lionel Messi: Argentina Bukan Terfavorit di Piala Dunia 2022

3. 19 (Barcelona dan Timnas Argentina)

Tepat dua tahun perdananya di Barcelona dengan mengenakan seragam nomor 30, Messi memilih nomor 19 sebagai pengganti. Lewat nomor punggung ini, publik mengingat gol spektakuler dari tengah lapangan kontra Getafe. 

Sepanjang dua musim beruntun dengan nomor punggung 19 di Barcelona, Messi sukses membuat 33 gol dari total 76 penampilan. 

Nomor 19 juga sempat digunakan Messi di Timnas Argentina pada musim 2004/05 dan 2005/06 saat melakoni debut di timnas senior dan ajang Piala Dunia. 

4. 18 (Timnas Argentina)

Nomor punggung ini menjadi ikonik, lantaran dikenakan Messi saat debut di Timnas Argentina U-20. Total, Messi pernah tiga kali mengenakan nomor punggung 18 di Argentina. 

Lionel Messi (kanan) saat melewati hadangan bek Brasil, Marceloa dalam laga semifinal Olimpiade 2008. (Sumber: Andre Kiwitz)

5. 15 (Timnas Argentina) 

Dibandingkan dengan empat nomor punggung sebelumnya, nomor 15 memang tidak terlalu diingat pernah menghiasi jersey Messi. Tetapi, nomor punggung 15 ini dipakai Messi saat mengantarkan Argentina meraih medali emas Olimpiade 2008. 


Sumber : transfermarkt.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x