Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, Piala Dunia U-20 Digelar di Indonesia, Dimulai Mei 2023

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 16:40 WIB
resmi-piala-dunia-u-20-digelar-di-indonesia-dimulai-mei-2023
Delegasi FIFA melakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana di Stadion Manahan yang akan menjadi venue untuk Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang. (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal Piala Dunia U20 2023 telah resmi dirilis, kickoff pesta sepak bola usia muda di Indonesia ini akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Momen kickoff  ini sekaligus menjadi momen Hari Kebangkitan Nasional. Biro Dewan FIFA mengumumkan beberapa keputusan di antaranya tentang Piala Dunia U-20 FIFA di Indonesia pada Kamis (23/6/2022).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyambut baik agenda ini. 

"Tanggal 20 Mei 2023 sebagai kickoff putaran final Piala Dunia U20 FIFA merupakan tanggal yang penting bagi bangsa Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru, Malaysia 4 Besar Kenaikan Tertinggi, Indonesia Terbaik di Era Shin Tae Yong

"Ini juga bisa menjadi momen kebangkitan bangsa Indonesia melalui sepak bola. Kami juga mengharapkan Piala Dunia U20 FIFA memberikan dampak positif kepada masyarakat, mulai dari dampak ekonomi hingga dampak sosial," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, mengatakan bawa Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum Piala Dunia U20 untuk bangkit bersama.

"Indonesia adalah negara besar yang siap bangkit dan menunjukkan jati diri yang sesungguhnya kepada dunia. Seperti raksasa yang bangkit dari tidurnya," ujar Ira.

"Panitia lokal akan terus berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah, khususnya persiapan infrastruktur dan persiapan penyelenggaraan,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Biro Dewan FIFA memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U20 edisi tahun 2021 pada Desember 2020.

Keputusan tersebut dibuat sebagai dampak dari situasi pandemi Covid-19. Namun, FIFA tetap menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 FIFA 2023.

Baca Juga: FIFA Tunjuk PSSI sebagai Panitia Tuan Rumah Piala Dunia U20



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x