Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Minta Seluruh Lini Sukseskan ASEAN Para Games 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 | 02:05 WIB
menpora-minta-seluruh-lini-sukseskan-asean-para-games-2022
Ketua Penyelenggara Zainudin Amali, Meminta Seluruh Lini Sukseskan ASEAN Para Games 2022 (Sumber: Kemenpora)

Penulis : Rinintha Niken Dhaningtyas | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu bulan jelang perhelatan ASEAN Para Games 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, sekaligus Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games (APG) 2022 meminta masyarakat dan media untuk mendukung publikasi kesiapan Indonesia, menyambut event olahraga se-Asia Tenggara bagi penyandang disabilitas.

Beberapa persiapan terus dimatangkan untuk kesuksesan ajang tersebut. Ketua Penyelenggara APG 2022 Zainudin Amali, akan berkoordinasi secara penuh bersama Ketua Pelaksana INASPOC, sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Apalagi Solo sebelumnya pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada 2011 silam.

Kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 kali ini, diharapkan mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan media.

"Sekali lagi saya bersama mas Wali Kota Solo meminta kepada rekan media dan masyarakat untuk ikut menyukseskan ajang ini dengan membantu publikasi. Jadi kalau bisa mulai sekarang terus diviralkan," ujar Ketua Penyelenggara APG 2022, Menpora Zainudin Amali, Jumat (24/6/2022).


Baca Juga: Ketua NPC Yakin Tim Merah Putih Jadi Juara Umum di ASEAN Para Games 2022

Dikatakan Menpora Amali, venue penyelenggaraan APG 2022, akan berada di Surakarta dan sekitarnya. Sementara satu venue berada di Semarang. Maka secara langsung, pemerintah setempat akan terlibat untuk membantu event yang akan bergulir pada 30 Juli sampai dengan 6 Agustus 2022.

"Sebagai penanggung jawab di lapangan, saya meminta bantuan Wali Kota (Surakarta dan Semarang) sekaligus NPC," ucap Amali.

Dalam kesempatan yang sama, pria asal Gorontalo itu juga menegaskan status Wali Kota Gibran sebagai Ketua INASPOC merupakan perpanjangan tangan Menpora, sebagai pelaksana event.

Apalagi penyelenggaraan ini turut dipantau oleh Menko PMK sebagai pengarah serta Kementerian PUPR sebagai penanggung jawab infrastruktur, dan NPC Indonesia sebagai penanggung jawab prestasi.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2022 yang merupakan dasar penyelenggaraan APG 2022.

"Jadi, Wali Kota bukan penyelenggaranya. Penyelenggara tetap Menpora, Wali Kota hanya membantu pelaksanaannya. Dan urusan prestasi adalah tanggung jawabnya NPC," tegas Menpora Amali.

"Dalam Perpres dikatakan Ketua Penyelenggara adalah Menpora. Karena pelaksanaannya di Surakarta maka Wali Kota Surakarta ini membantu pelaksanaan. Jadi Wali Kota Surakarta hanya membantu pelaksanaan, bukan sebagai penanggung jawab karena penanggung jawab tetap Menpora dan pengarahnya adalah Menko PMK," tuturnya.

Baca Juga: Gibran Temui Erick Thohir, Minta Sponsor BUMN untuk ASEAN Para Games

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x