Kompas TV regional berita daerah

Detik-detik Penyelamatan 10 ABK Kapal Tenggelam di Cilacap

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Sebuah kapal nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022) malam, terbalik di perairan Pulau Nusakambangan. Detik-detik penyelamatan 10 ABK tersebut berlangsung dramatis. 

Petugas gabungan dari TNI AL, Basarnas, Polairud dan relawan berjibaku melawan ombak besar untuk menyelamatkan para korban. Satu per satu ABK yang terombang-ambing di tengah laut akhirnya berhasil dievakuasi ke kapal petugas.  

Menurut keterangan sejumlah ABK kapal, musibah ini terjadi saat Kapal Motor Kuncoro GT 21 tiba-tiba mesin kapalnya mati. Sang nahkoda kemudian berinisiatif untuk membuang jangkar ke laut agar bisa menepi ke Pasir Putih Pulau Nusakambangan.  Namun naas, sebelum sampai ke Pantai Pasir Putih, kapal mengalami kandas akibat dihantam gelombang tinggi hingga kapal terbalik.

"Mengalami musibah, kapal terbalik karena mati mesin kemudian terkena ombak. Ada ABK sekitar 10 orang, alhamdulillah semuanya selamat bisa dievakuasi oleh tim SAR," ungkap Kol. Laut (PM) Sugeng Subagyo, Danlanal Cilacap.

Karena kondisi gelombang laut masih cukup tinggi, bangkai Kapal GT 21 hingga Jumat (24/6/2022) siang, belum bisa dievakuasi ke pesisir pantai.

#cilacap #kapalterbalik #timsar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x