Kompas TV regional berita daerah

Trending ! Berikut Penampakan Fenomena Planet Sejajar

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KOMPAS. TV - Viral di media sosial, fenomena langka planet sejajar yang terjadi pada tanggal 24 Juni 2022. Dalam fenomena ini ada enam benda langit sekaligus yang akan berkonjungsi, yaitu Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus dan Bulan.

Kami kutip dari edusainsa.brin.go.id, fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit sesuai waktu fajar masing-masing wilayah atau sebelum matahari terbit sekitar pukul 04.30 sampai akhir fajar bahari sebelum matahari terbit 05.30 waktu setempat.

Fenomena planet sejajar ini biasanya terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Sehingga kemungkinan akan terjadi kembali pada tahun 2041. Seperti yang kami kutip dari kompas.com, meski demikian, sebelumnya telah berlangsung konfigurasi lima planet sejajar secara bersamaan pada 4-19 Juni 2022. Selanjutnya, fenomena lima planet sejajar tersebut akan kembali terjadi pada 28-30 Juni 2022.

Fenomena planet sejajar ini menjadi trending topik Indonesia saat ini. Tak sedikit yang membagikan momen saat melihat planet sejajar di pagi hari atau yang dikenal dengan parade langit.

#paradelangit #planetsejajar #viral



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x