Kompas TV entertainment selebriti

Anak Rima Melati Ungkap Penyebab Meninggalnya Sang Ibunda

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 13:30 WIB
anak-rima-melati-ungkap-penyebab-meninggalnya-sang-ibunda
Jenazah Rima Melati rencananya akan dimakamkan dalam satu liang lahad dengan ibunya di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Minggu (26/5/2022). (Sumber: Grid.id)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktris Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Kamis (23/6/2022). Putra Rima Melati, Aditya Tumbuan, mengungkapkan ibunya meninggal karena komplikasi.

"Iya betul, terakhir memang akhirnya ke ginjal. Jadi, harus diterapi," kata Aditya saat ditemui di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat, dilansir Kompas.com.

Awalnya, Rima Melati terkena infeksi dari luka di bagian punggung sehingga menyebabkan mendiang demam tinggi.

Oleh karena itu, Rima Melati dilarikan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro pada 7 Mei 2022.

Baca Juga: Aditya Tumbuan Kenang Percakapan Rima Melati untuk Terakhir Kali


Saat dilarikan ke rumah sakit, barulah diketahui ada infeksi lain, seperti paru-paru yang mulai terendam air hingga menjalar ke ginjal.

"Ternyata, ada infeksi lain, yang istilahnya merambat dari infeksi pertama, yaitu paru. Parunya mulai terendam air, harus disedot. Dari situ, berturut-turut menjalar ke ginjal," jelas Aditya.

Menurut Aditya, infeksi pada ginjal yang diderita ibunya itu karena konsumsi obat-obatan selama di rumah sakit. Sehingga, Rima Melati harus melakukan cuci darah hingga 7 kali dan kondisinya mulai stabil.

"Dan dari situ ibu harus dilakukan cuci darah atau Hemodialisis. Dan selama di RSPAD ini sudah dilakukan 7 kali. Hasilnya memang membuat ibu stabil, tapi kadang memang usia yang membuat ibu itu seperti berjuang," ujar Aditya.

Baca Juga: Jenazah Rima Melati Rencananya Dimakamkan Satu Liang Lahad dengan Ibunya

"Jadi, stabil tapi kadang-kadang juga drop. Hari ini, saya menemani Ibu sebelum dia mengembuskan napas terakhir, saya berada di sisi ibu. Saya sempat ngobrol, saya sempat minta maaf," kata Aditya melanjutkan.

Mengenai kanker payudara, Aditya menegaskan bahwa Rima Melati sudah berhasil melewatinya atau biasa disebut penyintas.

Perempuan bernama asli Marjolein Tambayong ini lahir di Tondano, Sulawesi Utara. Selain itu, ia juga dikenal sebagai Lientje Tambajong. Namun, ia lebih dikenal dengan nama panggung Rima Melati.

Rima Melati merupakan aktris, model, dan penyanyi berdarah Belanda dan Minahasa yang aktif sejak era 1950-an. Berkarier lebih dari 60 tahun, Rima telah membintangi ratusan film Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x