Kompas TV video vod

Jokowi Bakal Jadi Pemimpin Asia Pertama yang Kunjungi 2 Negara Konflik Ini, Rusia-Ukarina!

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 23:49 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia untuk menemui  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina dan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina untuk menunjukkan peran Indonesia dalam upaya perdamaian kedua negara yang tengah berperang.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia akan dilaksanakan setelah mengikuti KTT G7 di Jerman, 26-27 Juni mendatang.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengapresiasi rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi dalam mendorong perdamaian Rusia Ukraina.

Dalam keterangan tertulisnya, Meutya mengatakan, “Sebagai Ketua Komisi I DPR RI, saya menganggap tepat rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dalam kapasitas sebagai Presidensi G20 dan anggota ‘The Champion Group Of The United Nations’ Global Crisis Response Group (GCRG) ke Kiev, Ukraina dan Moskow Rusia, akhir bulan Juni 2022.”

Baca Juga: Praktik SPBU Nakal, Kepergok Kurangi Takaran BBM dan Raup Keuntungan Hingga Rp 7 Miliar!

Perang Rusia Ukraina yang terjadi sejak Februari lalu secara tidak langsung berdampak pada perekonomian global.

Konflik Rusia-Ukaina menyebabkan harga minyak dunia melonjak karena sanksi ekonomi yang diberikan sejumlah negara terhadap Rusia, sehingga berdampak pada pasokan minyak dan gas dunia.

Hal tersebut berpengaruh pada biaya distribusi bahan pokok di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Bahkan Indonesia mengalami peningkatan inflasi sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Dengan rencana kunjungan ke Kiev dan Moskow, Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang datang ke jantung konflik 2 negara yang tengah berperang saat ini.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x