Kompas TV regional berita daerah

Menteri ATR/BPN Selesaikan Sengketan Lahan Warga Lereng Kelud

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 18:53 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto menemui warga di Desa Mangli, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Kedatangan mantan Panglima TNI ini untuk menyelesaikan konflik tanah antara warga dengan perusahaan perkebunan kopi.

Dalam kesempatan itu Hadi Tjahjanto mendengarkan keluh kesah yang disampaikan warga. Persoalan utama yang disampaikan warga adalah penolakan perpanjangan HGU, yang selama ini dilakukan oleh PT Mangli sebagai perusahaan perkebunan kopi.

Persoalan warga dengan PT Mangli Dian Perkasa, muncul setelah adanya dugaan penyalahgunaan hak guna usaha oleh perkebunan kopi tersebut. Warga menilai perusahaan telah melakukan penyalahgunaan dengan menyewakan kembali lahan ke pihak ketiga. Namun dalam praktiknya warga yang ingin mengelola lahan selama ini harus menyewa kepada perusahaan.

Melihat adanya potensi konflik, Menteri ATR/BPN langsung memastikan pemerintah tidak memperpanjang HGU sementara terkait kelanjutan penggunaan lahan, pemerintah pusat secepatnya membentuk Satgas yang dipimpin oleh kepala BPN Kediri.

#kediri #menteriatrbpn #haditjahjanto #pertanahan #sengketalahan #beritakediri  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x