Kompas TV regional berita daerah

Gang Kumuh Disulap Jadi Kampung Bunga

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:57 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

KEDIRI, KOMPAS.TV - Warga Kota Kediri menyulap sebuah gang kumuh menjadi kampung bunga. Selain lebih asri, melalui inovasi tersebut perkampungan warga jadi lebih bersih dari sampah, serta lebih nyaman ditempati.

Indah dan penuh bunga, kesan itu lah yang terlihat pertama kali, saat memasuki gang RW 8 Kelurahan Burengan Kota Kediri. Di sepanjang jalan dan teras rumah warga, berjajar rapi puluhan bunga.

Dulunya, gang tersebut tidak terawat dan terkesan kumuh. Berangkat dari situlah sejumlah warga yang merasa prihatin, berinisiatif membersihkan lingkungan, dan menanam sejumlah bunga di pinggir jalan.

Tidak disangka gerakan tersebut, justru memicu semangat gotong royong seluruh warga, untuk menyulap lingkunganya menjadi kampung bunga. Berbekal dana swadaya, kini gang kumuh yang sebelumnya ditempati warga telah dipenuhi ratusan tanaman bunga dan obat.

Tidak hanya itu, gang sepanjang 200 meter tersebut, juga dilukis dengan berbagai lukisan. Langkah itu dilakukan agar kampung yang mereka tempati jadi lebih nyaman, dan bisa jadi potensi wisata.

Selain dapat mempercantik lingkungan, warga juga bisa memanfaatkan tanaman obat yang ada secara cuma-cuma. Warga gang RW 8 ingin membuktikan, bahwa lingkungan kumuh bisa disulap menjadi lingkungan yang asri serta nyaman untuk dihuni.

#beritakediri
#kampungkumuh
#kampungbunga
#wisatabunga


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x