Kompas TV regional berita daerah

Berantas Buta Aksara Alquran Melalui Aplikasi E-Tilawah

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:56 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER KOMPAS.TV - Guna menumbuhkan minat baca Alquran di kalangan anak-anak, seorang guru ngaji, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berinovasi membuat aplikasi E-tilawah. Dengan aplikasi itu, diharapkan anak-anak dapat belajar seni membaca Alquran dengan mudah dan konsisten.

Adalah Nur Kholifah, seorang guru ngaji, asal Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, yang inovatif menciptakan metode pembelajaran Alquran secara hybrid, melalui aplikasi E-tilawah.

Inovasi itu, muncul dari keresahannya, saat ada pembatasan pembelajaran selama pandemi covid-19. Kholifah yang saat itu mengajar tilawah kepada santrinya, terpaksa harus berhenti mengajar. Ia kemudian menciptakan aplikasi E-tilawah agar tetap bisa mengajar.

Tak disangka, aplikasi E-tilawah mendapat sambutan positif dari santri dan orangtua santri. Karena dengan aplikasi itu, anak-anak lebih mudah dan cepat, menguasai seni melantunkan ayat Alquran. Bahkan, dengan aplikasi itu, sejumlah santri, berhasil menjuarai sejumlah kompetisi, musabaqah tilawatil quran.

Jumlah santri Nur Kholifah, kini terus bertambah, dari hari ke hari, dengan adanya aplikasi E - tilawah. Bahkan, santrinya berasal dari luar Kabupaten Jember, seperti Bondowoso dan Lumajang.

#beritajember
#aplikasialquran
#belajarqurandigital
#etilawah

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x