Kompas TV feature perempuan

Cerita Gita Selfira, Perempuan yang Jajal Profesi Nyentrik Berisiko, Awalnya Mengira Pakai Gaib

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:48 WIB
cerita-gita-selfira-perempuan-yang-jajal-profesi-nyentrik-berisiko-awalnya-mengira-pakai-gaib
Gita Selfira (21), seorang joki atau pebalap tong stand perempuan yang berasal dari Jambi tengah melakukan straksinya di Pasar Malam Alun-alun Selatan Surakarta. (Sumber: Kompas.tv/Natalia)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Menjadi perempuan susah-susah gampang jika menyangkut pekerjaan. Tidak semua bisa bekerja sesuai passion karena terbentur stigma 'keperempuanan'.

Gita Selfira (21), berani menerobos stigma itu dengan memilih pekerjaan ‘nyentrik’ pada usianya yang terbilag muda yakni, pebalap Tong Stand.

Perempuan berdarah Jambi ini sudah empat tahun menjadi joki Tong Stand. Dimulai Februari 2018 yang saat itu usianya baru 17 tahun. 

Ditemui usai melakukan atraksi Tong Stand di Pasar Malam yang diadakan di Alun-alun Selatan (Alkid) Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (18/6/2022), Gita membagikan kisahnya menjadi Joki.

Ketertarikan Gita pada profesi joki Tong Stand sudah tumbuh sejak duduk kelas tiga Sekolah Dasar (SD).

Kala itu, dia sering menonton atraksi Tong Stand di pasar malam dan mengkhayal bisa beratraksi seperti joki yang dilihatnya. 

“Kok keren bisa bawa motor kayak gitu,” pikirnya.

Saking kagumnya, saat itu dia berpikir bahwa atraksi Tong Stand itu memakai ilmu gaib.

“Pertama mikir ini pakai ilmu gaib atau mistis. Tapi pas kita nyoba ternyata memang mengandalkan keberanian dan mental sendiri aja sih,” katanya tertawa mengingat kenangan masa itu.

Perjalanan Gita mengejar impiannya ini tentu saja tidak mudah.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x