Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Pelanggar Lalin Terjaring Tilang Elektronik

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 16:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV -  Di hari ke sepuluh pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022, Satlantas Polres Blora, Jawa Tengah, menjaring 1.800 lebih pelanggar lalu lintas. Ribuan pelanggar tersebut terjaring operasi petugas melalui sistem tilang elektronik atau Etle (electronic traffic law enforcement).

Kasatlantas Polres Blora, AKP Edi Sukamto mengatakan, selain menerapkan sistem tilang Etle melalui kamera pengawas di sejumlah traffic light, petugas juga melakukan penilangan elektronik secara mobile yaitu melalui kamera handphone (HP).

Sebanyak 22 anggota Satlantas Polres Blora diterjunkan untuk memfoto sejumlah pelanggar lalu lintas di jalanan dengan menggunakan kamera HP. Kamera HP yang digunakan petugas sudah tersambung dengan sistem Etle Mobile. Para pelanggar ini nantinya akan mendapat surat konfirmasi dari petugas dan selanjutnya diwajibkan membayar denda melalui bank yang ditunjuk.

"Kita sekarang melaksanakan kegiatan Etle Statis atau mobile. Anggota Satlantas Polres Blora yang terspread (tersebar) terkait penindakan Etle berjumlah 22," ujar AKP Edi.

Dari ribuan jumlah pelanggar tersebut, kebanyakan didominasi pelanggaran tidak memakai helm, kendaraan tidak dilengkapi plat nomor asli, adanya kendaraan yang overload dan knalpot yang tidak standar. AKP Edi mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan bersama.

#operasipatuhcandi #etle #polresblora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x