Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sebelumnya Janji Sebulan, Mendag Zulhas Pede Harga Minyak Goreng Bakal Stabil dalam 2 Minggu

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 15:30 WIB
sebelumnya-janji-sebulan-mendag-zulhas-pede-harga-minyak-goreng-bakal-stabil-dalam-2-minggu
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng curah di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022). (Sumber: Kompas.id/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

BANDUNG, KOMPAS.TV – Kepastian distribusi minyak goreng di ribuan titik menjadi langkah pemerintah untuk bisa menstabilkan harga minyak goreng curah di angka Rp14.000 per liter. Targetnya, dua minggu semua bisa merata.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan, target untuk menstabilkan harga minyak goreng curah bisa dicapai dalam dua minggu. 

”Sebelumnya, saya janji target sebulan, harga minyak goreng curah stabil Rp14.000. Namun, saya yakin dua minggu ini bisa stabil di mana-mana,” ujarnya seusai meninjau Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022), dikutip dari Kompas.id

Untuk mencapai hal tersebut, Zulkifli memastikan ketersediaan barang dengan pemantauan di lapangan.

Selain itu, pembelian minyak goreng per hari yang semula dibatasi hanya 2 liter, diubah menjadi 10 liter. Setiap warga harus menyertakan KTP untuk memastikan minyak goreng curah tepat sasaran.

”Sekarang sudah boleh membeli 10 liter untuk satu KTP. Kami yakin minyak goreng bisa didapatkan dengan mudah. Dari Kementerian Perdagangan sudah ada yang menangani, crisis center selama 24 jam. Kami memantau ketersediaan barang dan harga, dan bisa setiap hari dilaporkan, sehingga bisa ditanggulangi secara cepat,” terang Mendag. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan turut menjelaskan, distribusi yang berorientasi hilir menjadi fokus untuk mencapai target tersebut.

Sebanyak 13.900 titik penjual disebar sehingga masyarakat lebih mudah mengakses minyak goreng curah tersebut.

Baca Juga: Sudah 8 Jam Mantan Mendag M Lutfi Masih Diperiksa Kejagung Soal Kasus Korupsi Ekspor Minyak Goreng

”Sebelumnya, kami mencoba membanjiri pasar dan menurunkan harga. Sekarang sudah dipastikan harganya. Dan itu setiap warga 10 liter per hari, dan dibuktikan dengan KTP,” terangnya.

Adapun, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah menyebutkan, toko yang menyediakan minyak goreng curah seharga Rp14.000 per liter di Kota Bandung mencapai 160 titik lebih. Jumlah ini akan terus bertambah sesuai kebutuhan masyarakat.

Soal jatah minyak goreng curah per orang yang menjadi 10 liter, Elly menilai, hal itu membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memenuhi kebutuhan minyak goreng yang selama ini sulit didapatkan dengan harga eceran tersebut.

”Per hari ini bisa 10 liter. Jadi sangat membantu sekali bagi para pelaku UMKM, apalagi Kota Bandung ini banyak pengusaha kuliner,” ujarnya.

Baca Juga: Mendag Yakini Harga Minyak Goreng Curah Akan Stabil dalam Dua Minggu


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x