Kompas TV video vod

Nasdem Sengaja Bangun Kubu untuk Pilpres 2024 secara Terang-terangan, Apa Tujuannya?

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 13:23 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua tahun jelang Pemilu 2024, elektabilitas sejumlah parpol bergeser peringkat di tengah dominasi partai papan atas.

Salah satu yang membuat kejutan adalah Partai Demokrat yang terekam dalam hasil Survei Litbang Kompas terbaru, pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022.

Pergeseran hasil survei, sedikitnya menjadi modal Partai Demokrat untuk menjajaki koalisi dengan partai lain.

Pemilu 2024 memang masih 20 bulan lagi, namun ruang persaingan antar partai politik untuk memikat hati pemilih sebelum hari pemungutan suara (14 Februari 2024) semakin sempit.

Survei Litbang Kompas pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 lalu merekam hal ini.

Survei dilakukan pada seribu dua ratus responden yang dipilih secara acak, menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan “margin of error” 2,8 persen.

Jika dilihat dari  hasil survei tren elektabilitas, Partai Demokrat yang selama survei 2020 hingga 2021 berada di papan tengah atau meraup 3 hingga 10 persen suara; kini bergeser naik ke papan atas dengan suara di atas 10 persen.

Sementara elektabilitas PDI-P, Golkar, dan Gerindra tetap berada di papan atas meski masih fluktuatif, dibanding survei sebelumnya.
Di peringkat papan tengah, Nasdem, PAN, dan Perindo justru naik elektabilitasnya dibanding survei sebelumnya pada Januari lalu.

Sementara itu, elektabilitas PKS sedikit turun dan PKB relatif tetap.                 

Nasib kurang menguntungkan justru terjadi pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sebelumnya masuk papan tengah kini merosot ke papan bawah dengan raihan 2 persen suara.

Secara detail, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Gerindra, dan Demokrat masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.