Kompas TV nasional peristiwa

SBMPTN 2022 Sisakan 20.596 Bangku Kosong, Bisa Jadi Opsi di Seleksi Mandiri

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 13:26 WIB
sbmptn-2022-sisakan-20-596-bangku-kosong-bisa-jadi-opsi-di-seleksi-mandiri
Direkur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, dalam konferensi pers LTMPT pada Kamis (23/6/2022) (Sumber: LTMPT)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - SBMPTN 2022 menyisakan sejumlah 20.596 bangku kosong lantaran beberapa jurusan masih sepi peminat. Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari dalam konferensi pers pada Kamis (23/6/2022).

"Memang kenyataannya ada yang kosong, ada bangku kosong, yang tadi saya sampaikan karena memang kekurangan peminat bukan karena disimpan untuk jual beli," kata Ashari dalam sesi tanya jawab.

Sebelumnya, Ashari memaparkan tahun ini terdapat 800.852 pendaftar SBMPTN. Seluruh peserta memperebutkan 213.406 kursi untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

Akan tetapi, daya tampung yang terisi hanya 192.810 kursi, sementara 20.596 kursi sisanya kosong karena sepi peminat.

Ashari lantas mengungkapkan beberapa saran untuk pemerintah agar meningkatkan sosialisasi jurusan tertentu yang sepi peminat.

"Dari sisi pemerintah bisa membuat program yang meningkatkan minat anak-anak, entah, misalnya melalui sosialisasi," kata Ashari.

"Bisa juga dengan memberikan alokasi untuk pendaftar KIPK agar diarahkan menuju jurusan yang sepi peminat," ucapnya. 

Baca Juga: SBMPTN 2022: Daftar 10 Kampus dengan Rata-Rata Nilai Tertinggi

Terlepas dari itu, dalam konferensi pers, Direkur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam juga menyebut beberapa contoh jurusan sepi peminat.

Jurusan itu meliputi sub-rumpun "pertanian dan pendidikan kejuruan."

"Ini sebenarnya sangat penting kita kembangkan, pada era 4.0 ini akan ada pertanian modern, sehingga ketahanan pangan kita akan semakin kuat, bahkan kita bisa jadi eksportir produk pertanian, perikanan, kelautan, ini adalah masa depan kita," kata Nizam.

"Kemudian juga pendidikan kejuruan, teman-teman di vokasi itu kesulitan mencari guru-guru SMK karena sedikit minat dari calon mahasiswa yang mengambil bidang pendidikan kejuruan," ucapnya.

Ia lantas menjelaskan bagi peserta SBMPTN 2022 yang tidak melirik bidang pertanian dan pendidikan kejuruan, bisa menjadikan kedua opsi jurusan itu sebagai pilihan dalam seleksi mandiri, apabila tidak lolos SBMPTN.

Baca Juga: Berikut Cara Calon Mahasiswa Mengetahui Lolos dan Tidaknya SBMPTN 2022

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x