Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sejumlah Daerah Masih Tunggu Kiriman Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 13:16 WIB
sejumlah-daerah-masih-tunggu-kiriman-vaksin-untuk-atasi-wabah-pmk
Ilustrasi - Pemberian Vaksin PMK pada hewan ternak (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

PALEMBANG, KOMPAS.TV – Untuk mengatasi wabah pengakit mulut dan kuku (PMK) di Sumatera Selatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan setempat meminta 500 ribu vaksin.

"Permintaan vaksin hewan tersebut sudah direspon pusat dan diperkirakan akan dikirim ke daerah ini pada Juli - Agustus 2022," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Efendi di Palembang, Kamis (23/6/2022), dikutip dari Antara.

Ruzuan menjelaskan, vaksin tersebut akan disuntikkan ke hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan babi yang berada di delapan kabupaten/kota yang ditemukan kasus PMK serta yang memiliki populasi sapi di atas 20 ribu ekor.

Delapan daerah yang ditemukan kasus PMK itu yakni Kota Palembang, Lubuklinggau, Kabupaten Banyuasin, Lahat, Musi Rawas, Pali, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Kabupaten Muara Enim.

Dengan vaksinasi hewan ternak tersebut dan tindakan pencegahan yang telah dilakukan akhir-akhir ini, diharapkan kasus PMK bisa segera dikendalikan atau tidak semakin meluas.

Berdasarkan data dari Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, hingga Juni 2022 ini menemukan 220 kasus hewan ternak terutama sapi terjangkit PMK yang tersebar di delapan kabupaten dan kota Sumsel.

Baca Juga: Vaksin PMK Terus Digencarkan, Berikut Fakta-fakta Terkait Kasus PMK di Indonesia

Kebutuhan vaiksin PMK di Babel

Sementara, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan 15 ribu dosis vaksin PMK  yang juga untuk mengatasi penularan dan penyebaran PMK kepada ternak.

"Alhamdulillah, saat ini PMK masih dapat diatasi, namun kita tetap membutuhkan bantuan 15 ribu vaksin untuk mengatasi penularan virus tersebut," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang.

Kebutuhan 15 ribu dosis vaksin PMK ini, lanjutnya, juga untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang memerintahkan pemerintah daerah untuk mempercepat vaksinasi PMK kepada ternak sapi, kerbau dan kambing.

"Saat ini percepatan vaksinasi PMK masih terkendala stok vaksin dan masih menunggu pasokan vaksin dari pemerintah pusat," ungkapnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel Judnaidy pun menyatakan, rencana vaksinasi pada hewan ternak masih menunggu kiriman dari pemerintah pusat.

"Saat ini kita masih menunggu pasokan vaksin dan jika vaksin ini sudah ada maka kita akan segera melakukan vaksinasi ternak ke seluruh ternak di daerah ini," katanya.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x