Kompas TV nasional update corona

Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Anies akan Lakukan Pengetatan Jika Kondisi Ini

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:42 WIB
kasus-covid-19-di-jakarta-melonjak-anies-akan-lakukan-pengetatan-jika-kondisi-ini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pimpin upacara HUT DKI Jakarta ke-495 di Monas, Rabu (22/6/22). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Pemprov DKI)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan belum membuka kemungkinan pengetatan di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta. 

"Kami belum lihat ke arah sana dulu, ketika bicara pengetatan itu karena di akhirnya mengalami ini proses pengetesan sampai perawatan," kata Anies kepada awak media di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (23/6/22). 

Baca Juga: Risma Bela Anies dan Riza soal Angka Kemiskinan Jakarta: Itu Dampak Covid-19 dan Perang

Anies menjelaskan, pengetatan diberlakukan ketika peningkatan kasus diikuti oleh keterisian rumah sakit yang semakin penuh.

Kondisi ini akan menyebabkan semakin banyak pasien tidak tertangani di rumah sakit jika pengetatan tidak diberlakukan. 

"Jadi, pengetatan itu karena RSnya punya kapasitas yang terbatas, nah hari ini, kami menyaksikan bahwa jumlah orang yang harus dirawat tidak mengalami lonjakan yang signifikan," kata dia.


Sehingga, lanjut Anies, yang harus dilakukan adalah memantau, mengurangi, atau memastikan bahwa semua protokol kesehatan ditaati. 

"Harapannya nanti bisa menjaga kasus-kasus berat tidak muncul," kata Anies.

Menurut Anies, meskipun kasus Covid-19 di Jakarta meningkat tapi tingkat keterawatan masih relatif stabil. Kondisi akan mengkhawatirkan jika banyak pasien membutuhkan penanganan di fasilitas kesehatan. 

"Kalau Covid-19 nya akan ada terus karena memang sudah ada virus di luar sana satu itu. Sehingga kami memandang ini harus hati-hati harus dipantau tapi secara umum kondisinya relatif biasa," ujar dia. 

Baca Juga: Update Covid-19 per 22 Juni 2022: Kasus Aktif Covid-19 Melonjak, Tembus 11 Ribu!

Diketahui, DKI Jakarta mencatat total 1.226 kasus positif harian pada Rabu (23/6/2022) kemarin. 

Mengacu pada data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, telah dilakukan sebanyak 9.903 tes PCR hari ini, hasilnya terdapat 1.226 positif dan 8.677 negatif.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x