Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Guru Ngaji Ciptakan Aplikasi E-Tilawah, Permudah Belajar Seni Melantunkan Alquran

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Guna menumbuhkan minat baca Alquran di kalangan anak-anak, seorang guru ngaji di Kabupaten Jember Jawa Timur berinovasi membuat aplikasi e-tilawah. Dengan aplikasi itu diharapkan anak-anak dapat belajar seni membaca Alquran dengan mudah.

Adalah Nur Kholifah, seorang guru ngaji asal Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember, yang inovatif menciptakan metode pembelajaran alquran secara hybrid melalui aplikasi e-tilawah.

Baca Juga: Juara MTQ dan MHQ Diberi Beasiswa Kuliah di UIN KHAS Jember

Inovasi itu muncul dari keresahannya saat ada pembatasan pembelajaran selama pandemi covid-19. Kholifah yang saat itu mengajar tilawah kepada santrinya terpaksa harus berhenti mengajar. Ia kemudian menciptakan aplikasi e-tilawah agar tetap bisa mengajar.

Tak disangka, aplikasi e-tilawah mendapat sambutan positif dari santri dan orangtua santri. Karena dengan aplikasi itu, anak-anak lebih mudah dan cepat menguasai seni melantunkan ayat Alquran. Bahkan dengan aplikasi itu, sejumlah santri berhasil menjuarai sejumlah kompetisi musabaqah tilawatil quran.

Baca Juga: 2 Pemuda Jember Juara MTQ Tingkat Nasional

Jumlah santri Nur Kholifah kini terus bertambah dari hari ke hari dengan adanya aplikasi e-tilawah. Bahkan, santrinya berasal dari luar Kabupaten Jember, seperti Bondowoso dan Lumajang.

 

#GuruNGaji #BelajarMengaji #Alquran #Tilawah #Aplikasi #Daring #Hybrid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.