Kompas TV nasional agama

Ketum PP Muhammadiyah Imbau Umat Islam Pilih Ternak Sehat untuk Kurban

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 04:35 WIB
ketum-pp-muhammadiyah-imbau-umat-islam-pilih-ternak-sehat-untuk-kurban
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Sumber: Kompas.com/DANI PRABOWO)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat memilih hewan ternak yang sehat untuk disembelih saat Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

"Sebaiknya sapi yang untuk kurban, sebagaimana juga untuk disembelih untuk kepentingan konsumsi, yang betul-betul sehat. Sebab nanti dampaknya tidak bagus kan untuk kesehatan," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, dilansir dari Antara, Rabu (22/6/2022).

Haedar juga mengingatkan agar masyarakat mengikuti syariat Islam, satu di antaranya ialah memilih hewan ternak yang sehat untuk kurban.

"Kami imbau juga kepada masyarakat supaya berkurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat yang sesuai dengan persyaratan dan tidak sakit," jelasnya.

Baca Juga: Pedagang ke Mendag: Jelang Iduladha dan Ada Wabah PMK, Harga Daging Sapi Tembus Rp150.000/Kg

Tak lupa, Haedar berpesan agar umat Islam tak mempersoalkan perbedaan yang mungkin terjadi dalam penetapan Hari Raya Iduladha tahun ini.


Ia menambahkan, Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah pada 9 Juli 2022.

"Baik sama maupun mungkin beda kami harapkan untuk tidak menjadi masalah," kata Haedar.

Selain itu, penyaluran hewan kurban, kata dia, juga dapat dilakukan melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).

"Bagi saudara-saudara kita yang artinya punya kelebihan harta, kami Muhammadiyah juga terus menggerakkan itu lewat LazisMu. Dan banyak juga yang titip lewat LazisMU. Untuk menyebar hewan kurban di tengah pandemi seperti ini," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x