Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Tol Becakayu Ambles - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 20:08 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah video yang berisi narasi Tol Becakayu Kalimalang Bekasi, amblas. Video tersebut disebarkan dengan narasi, 'ruas tol becakayu rusak, turun. Sarannya hindari dulu arah Kalimalang'.

Namun setelah ditelusuri, yang dinarasikan ambruk tersebut bukan beton jalan Tol Becakayu, melainkan box girder jalur kereta cepat di atas Jembatan Antelope, Jatiasih, Kota Bekasi.

Dalam video tersebut terlihat beton melintang di atas jembatan. Box girder tersebut membuat kendaraan roda empat tidak bisa melintas di kedua arah karena ketinggianya hanya 1,7 meter.

Kepala Bidang Bina Marga Kota Bekasi, Idi Susanto, menjelaskan box girder tersebut merupakan bagian dari proyek KCIC. Pekerjaan tersebut berada di atas Jembatan Antelope.

Idi menjelaskan bahwa fakta di lapangan memang ada pekerjaan KCIC yang mengenai Jembatan Antelope. Hal tersebut menyebabkan jembatan nantinya tidak bisa dipakai lagi karena tingginya tinggal 1,7 meter seperti tampak dalam video. Selain itu pihaknya akan membangun jembatan pengganti yang direncanakan selesai pada akhir juli.

Idi mengatakan jembatan antelope masih dibuka hanya untuk pengalihan sementara. Namun dibukanya akses jembatan antelope itu dengan penjagaan ketat.

Oleh karena itu, informasi Tol Becakayu ambruk tidaklah benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x