Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Chemtrail Sebabkan Sakit Mata Di Blora Jawa Tengah - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 20:07 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah video dengan narasi bahwa terlihat chemtrail di Blora, Jawa Tengah yang menyebabkan sakit mata.

Namun berdasarkan penelusuran, klaim bahwa video yang memperlihatkan chemtrails yang menyebabkan sakit mata, tidak benar atau hoaks,

Tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu. Di sisi lain, chemtrail atau asap putih yang membentuk garis panjang di atas langit, juga pernah dikaitkan dengan penyebab munculnya gejala covid-19. Padahal asap putih tersebut berasal dari pesawat dan merupakan hal biasa. Asap itu diistilahkan sebagai condensation trail atau contrail.

Kepala Dinas Penerbangan TNI Angkatan Udara Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan, bahwa asap itu terbentuk dari hasil pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat. Ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails. Tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud.

Jadi video dengan narasi bahwa terlihat chemtrail di Blora, Jawa Tengah yang menyebabkan sakit mata adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x