Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Elit Global Akan Membuat Mata Uang Digital - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 20:07 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah narasi yang menyebut bahwa elite global akan membuat mata uang digital, yang wajib dipakai semua negara pada Maret 2023. Narasi itu dikaitkan dengan rapat ekonomi dunia, yang telah dilaksanakan pada Maret 2022.

Namun berdasarkan penelusuran, narasi itu tidak benar karena merupakan konten menyesatkan untuk membingkai sebuah isu.

Narasi tersebut dikaitkan dengan pengalamannya membeli makanan di sebuah mall di mana salah satu kios tidak menerima uang kertas, tetapi hanya menerima pembayaran digital.

Tidak ada bukti lain yang menguatkan bahwa ada pertemuan ekonomi internasional yang membahas mengenai mata uang global. Adapun ada rapat ekonomi dunia yang membahas mengenai ekonomi digital pada selasa 15 maret lalu yakni Kickoff Digital Economy Working Group dalam agenda G20 di Indonesia. Ekonomi tersebut tidak ada pembahasan mengenai mata uang digital global yang wajib dipakai oleh semua negara.

Oleh karena itu informasi pembuatan mata uang digital yang wajib dipakai semua negara pada maret 2023 adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.