HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Keren! Kerajinan Lampu Hias dari Limbah Botol Plastik

Kamis, 2 Agustus 2018 | 16:20 WIB

Sejumlah botol plastik bekas menjadi pemandangan biasa yang disimpan di rumah milik Yayu Fatimah. Bukan karena banyaknya mengonsumsi minuman botol tetapi karena ingin mengubah limbah plastik ini menjadi kerajinan lampu hias.

Limbah sisa kemasan minuman ini dikumpulkan yayu melalui bank sampah yang dikelola kelurahan. Aneka botol ini akan diolah menjadi kerajinan yang bernilai jual.

Botol yang hendak dibuat menjadi kerajinan dipilih sesuai desain kemudian dipotong menjadi bentuk yang diinginkan. Setelah dipotong botol kemudian dipanaskan dengan lilin agar bentuknya sempurna. Untuk sentuhan akhir ditambahkan batu koral yang sudah diberi lem. Dan lampu hias dari botol pun siap untuk digunakan.

Ada aneka bentuk seperti tanaman dan juga ikan. Kreasi Yayu ini berawal dari keprihatinannya akan sampah yang menumpuk.

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:55
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   KEMENDAG BERENCANA TERAPKAN ATURAN KEWAJIBAN PENGGUNAAN KAPAL NASIONAL PADA 1 MEI 2020   TERTUNDA KARENA BANJIR, KPK JADWALKAN ULANG PEMERIKSAAN KETUA KPU ARIEF BUDIMAN TERKAIT KASUS SUAP PAW DPR   POLISI SEBUT PENYERANGAN DI MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY MERUPAKAN AKSI SPONTANITAS   POLISI AKUI MASIH DALAMI KETERANGAN 8 TERSANGKA PENYERANG MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY   KOMISI IX DPR NILAI RUU PENGAWASAN OBAT & MAKANAN AKAN PERKUAT KEBERADAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH   KOMISI IX DPR SEBUT KEWENANGAN BPOM PERLU DITAMBAH DALAM RUU PENGAWASAN OBAT & MAKANAN   TERKAIT VIRUS KORONA, TURNAMEN BADMINTON JERMAN TERBUKA 2020 YANG AKAN DIGELAR PEKAN DEPAN DIBATALKAN   KEMENKES KERAHKAN 39 DOKTER SPESIALIS UNTUK OBSERVASI 188 WNI DI PULAU SEBARU, KEPULAUAN SERIBU   KEPALA BAPPENAS SUHARSO MONOARFA SEBUT INVESTASI DI IBU KOTA BARU TAK AKAN MELALUI BKPM   KEJAGUNG PERIKSA PERWAKILAN DARI TUJUH BANK TERKAIT KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASURANSI JIWASRAYA   PGRI YOGYAKARTA BENTUK TIM & AJUKAN PENANGGUHAN PENAHANAN TIGA TERSANGKA PERISTIWA SUSUR SUNGAI SEMPOR   MENKO POLHUKAM JAMIN APARAT TAK MELAKUKAN KEKERASAN SAAT UNJUK RASA TOLAK "OMNIBUS LAW" CIPTA KERJA