Kompas TV tekno gadget

Cara Cek Battery Health di Ponsel Xiaomi, Tak Perlu Aplikasi Pihak Ketiga!

Kamis, 23 Juni 2022 | 02:05 WIB
cara-cek-battery-health-di-ponsel-xiaomi-tak-perlu-aplikasi-pihak-ketiga
Ilustrasi pengisian daya menggunakan ponsel Xiaomi. (Sumber: Mi Blog)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Kesehatan baterai atau battery health lumrah berkurang seiring masa penggunaan, tak terkecuali pada ponsel Xiaomi.

Untuk mengecek kondisi battery health ini, pengguna bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berikut tutorial mengecek battery health Xiaomi tanpa aplikasi pihak ketiga. Sebagai catatan, dalam tutorial yang disarikan Kompas.com ini, ponsel yang digunakan adalah Xiaomi Mi 10.

Ponsel Xiaomi sendiri umumnya menggunakan sistem antarmika MIUI. Sehingga, cara mengecek battery health antarponsel Xiaomi tidak akan jauh berbeda.

Dalam artikel ini, sistem MIUI yang dipakai adalah versi 12.5.3. Berikut cara mengecek battery health ponsel Xiaomi sebagaimana dicontohkan ponsel Xiaomi dengan versi tersebut.

Baca Juga: Ponsel Xiaomi Mulai Ngadat? Ini Cara Buat Kinerja Ponsel Sekencang HP Baru

Cara cek battery health Xiaomi lewat pengaturan

  1. Buka menu “settings”, lalu ketuk “about phone”, kemudian “all specs”
  2. Ketuk keterangan “CPU” sebanyak lima kali
  3. Ketuk “agree” alias setuju ketika jendela notifikasi laporan bug muncul
  4. Sistem ponsel Anda kemudian akan membuat laporan bug. Proses ini akan selesai dalam beberapa menit
  5. Buka laporan bug yang telah dibuat
  6. Berkas laporan bug Xiaomi akan dinamai “bugreport-” dengan diikuti tanggal laporan bug itu dibuat dan berformat .zip. Misalnya sebagai berikut: “bugreport-2022-06-16-115730.zip.”
  7. Buka berkas “bugreport” tersebut dan buka berkas .zip lain di dalamnya yang bernama awal “bugreport-umi_id”. Dalam tutorial ini, berkas itu bernama “bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.zip.”
  8. Ekstrak berkas tersebut dan temukan berkas berformat .txt dengan nama serupa. Misalnya: bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.txt.
  9. Setelah membuka berkas itu, akan muncul log yang panjang. Temukan keterangan battery health Anda dengan mengetik kata kunci “healthd” di kolom pencarian.
  10. Setelah ditemukan, pada baris yang sama, cari keterangan “fc”. Fc merupakan indikator kapasitas baterai Anda saat ini.

Baca Juga: Segera Dirilis, Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 13 Tahap Pertama

Battery health Anda bisa dikatakan berkurang jika kapasitas dari laporan bug tidak sesuai kapastias asli. Sebagai contoh, dalam Xiaomi Mi 10, ditemukan bahwa kapasitas baterai ada di angka 3384000 atau 3.384 mAh.

Kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 adalah 4.780 mAh dari pabrik. Sehingga, setelah pemakaian, diketahui bahwa battery health Xiaomi Mi 10 yang dipakai dalam tutorial ini ada di kisaran 70%.


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x