Kompas TV nasional sosial

Ini Sosok Kombes Pol Nurul Azizah, Polwan Pertama yang Jabat Jubir Polri

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 16:09 WIB
ini-sosok-kombes-pol-nurul-azizah-polwan-pertama-yang-jabat-jubir-polri
Kombes Pol Nurul Azizah polwan pertama yang menjabat sebagai jubir Polri atau jabatan Kabagpenum Humas Polri. (Sumber: Tangkap Layar YouTube Nurul Azizah)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menempatkan perwira menengah (pamen) dari kalangan polwan untuk menempati posisi strategis di internal Polri.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022. Kombes. Pol. Nurul Azizah diberikan kepercayaan oleh Kapolri untuk menempati posisi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri.

Dengan demikian, Nurul Azizah akan menjadi salah satu juru bicara yang mewakili institusi Polri

"Pak Kapolri memberikan kesempatan kepada polwan, yakni, Kombes Nurul Azizah untuk menempati posisi Kabagpenum Divisi Humas Polri," kata Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, Jakarta, Selasa (21/6/22).

Nurul Azizah merupakan polwan pertama yang menjabat sebagai juru bicara (jubir) Polri. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Prodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Baca juga: Mutasi Polri, Kabagpenum Gatot Repli Handoko Digantikan oleh Seorang Polwan

Dia menggantikan Kombes Pol Gatot Repli Handoko yang mendapat promosi menjadi perwira tinggi jenderal bintang satu (brigjen pol) dan kini menjabat sebagai Kepala Biro Multimedia (Mulmed) Divisi Humas Polri.

Tak banyak yang tahu mengenai sosok Nurul Azizah. Namun siapa sangka, polwan asal Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ini ternyata memiliki riwayat pendidikan yang cukup cemerlang.

Dikutip dari laman pddikti kemdikbud, Kombes Nurul Azizah merupakan lulusan S1 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) tahun 2007. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2012.

Lalu, dia melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta dan meraih gelar doktor pada tahun 2017.

Baca juga: Kapolri Mutasi Sejumlah Kapolda, Ini Daftar Namanya

Kombes Nurul mengawali karier di kepolisin dengan masuk Sekolah Bintara Polwan pada tahun 1991. Semasa menjadi anggota Polri, wanita kelahiran 5 November 1972 banyak menghabiskan waktu untuk belajar.

Pada tahun 1992, ia sempat mengikuti kursus Dasba Operator Komputer Hankam. Dua tahun kemudian, ia melanjutkan pendidikan D3 Ilmu Kepolisian pada 1994 dan lulus tahun 1997.

Setahun kemudian, Kombes Nurul melanjutkan pendidikan Setukpa Polwan pada tahun 1998. Dengan pendidikan ini, ia langsung mendapat pangkat Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua.

Dengan pangkat ini ia kemudian ditugaskan sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI.

Kemudian, pada tahun 2000 ia ditarik ke Mabes Polri sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran. Sejak itu ia banyak berkutat di bidang perencanaan, pengembangan, dan penganggaran Polri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.