Kompas TV video sinau

Begini Penjelasan tentang Sistem Pemerintahan Oligarki

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 14:23 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) oligarki adalah pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu.

Istilah oligarki asalnya dari bahasa Yunani, yakni Oligarkhes yang artinya sedikit yang memerintah.

Melansir Kompas.com, ada banyak konsep mengenai oligarki di dalam ilmu negara, satu yang paling populer adalah gagasan filsuf Plato.

Teori Plato mengatakan bahwa, oligarki adalah bentuk pemerosotan dari pemerintahan aristokrasi.

Pemerintahan yang dipimpin cerdik pandai, menjadi dipimpin segolongan kecil yang memerintah demi kepentingan golongan itu sendiri.

Apa perbedaan oligarki dengan aristokrasi?

Keduanya adalah bentuk pemerintahan yang mana masyarakat diperintah oleh sekelompok kecil orang.

Perbedaan yang paling signifikan adalah aristokrasi “diperintah oleh yang terbaik”, sedangkan oligarki  “diperintah segelintir orang.’’

Pemerintahan oligarki dipimpin oleh orang-orang yang lebih kaya dan berkuasa dari pada populasi lainnya.

Sementara aristokrasi dijalankan oleh pribadi yang dianggap cocok untuk memerintah karena kebangsawanan mereka tingkat superioritas moral, dan intelektual yang dianggap diturunkan secara genetik melalui garis keluarga.

Menurut Aristoteles, "Di mana pun orang memerintah dengan alasan kekayaan mereka, apakah mereka sedikit atau banyak, itu adalah oligarki"

Mengapa demikian, seringnya oligarki bergantung pada cara mempertahankan tingkat kekayaan mereka. Maka pemerintahannya cenderung bekerja berdasarkan kepentingan ekonomi mereka sendiri

Sehingga oligarki kerap dikaitkan dengan penindasan, tirani, dan korupsi. Sebaliknya pemerintahan aristokrasi biasanya terjamin karena warisan. Aristokrat yang benar cenderung bertindak demi kepentingan terbaik bagi masyarakatnya.

Baca Juga: Pemerintahan Diatur oleh Bangsawan? Mari Kenali Apa Itu Aristokrasi

Editor Video & Grafis: Arief Rahman 



Sumber : Diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x